Pengaruh Kemiringan Lereng Dan Lebar Pondasi Dengan Rasio d/B = 1 Terhadap Daya Dukung Pondasi Pada Pemodelan Fisik Lereng Dengan Perkuatan Geotekstil

Falkiya, Ira and Ir. As’ad Munawir, MT, - and Ir. Harimurti, MT, - (2014) Pengaruh Kemiringan Lereng Dan Lebar Pondasi Dengan Rasio d/B = 1 Terhadap Daya Dukung Pondasi Pada Pemodelan Fisik Lereng Dengan Perkuatan Geotekstil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lereng merupakan kondisi dimana terdapat dua permukaan tanah yang berbeda ketinggian. Pembangunan bangunan di atas suatu lereng sangat riskan dan beresiko terjadi kelongsoran karena komponen gravitasi cenderung untuk menggerakan massa tanah. Faktor yang paling krusial yang berpengaruh terhadap rentannya kelongsoran adalah kemiringan sudut dari lereng tersebut. Pemilihan bentuk serta dimensi pondasi juga sangat berpengaruh terhadap daya dukung yang dihasilkan, karena pondasi berfungsi untuk mentransfer beban ke lapisan tanah yang ada dibawahnya. Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk menigkatkan daya dukung dari sebuah lereng salah satunya dengan menggunakan perkuatan geotekstil. Oleh karena itu dilakukan sebuah penelitian guna mencari parameter kemiringan lereng dan lebar pondasi yang menghasilkan daya dukung paling optimum pada sebuah lereng dengan perkuatan geotekstil, sehingga kelongsoran dapat sedikit dihindari. Penelitian ini dilakukan dengan membuat model lereng tanah pasir tanpa perkuatan serta lereng tanah pasir menggunakan perkuatan geotekstil dengan RC 74%. Kemiringan sudut lereng yang digunakan di sesuaikan dengan variasi yang ditentukan dengan penempatan pondasi menerus diatas lareng yang memiliki beberapa variasi dimensi lebar. Pemodelan dibuat pada sebuah box berukuran panjang 1,5 m, lebar 1 m, dan tinggi 1 m. Pemadatan dilakukan dengan cara kontrol volume dengan membagi lereng menjadi tujuh lapisan lalu menggilis tiap lapisan menggunakan silinder beton sampai ketinggian yang telah ditentukan. Setelah itu dilakukan pembebanan bertahap setiap 25 kg hingga mencapai beban dimana lereng mengalami keruntuhan. Dari beban runtuh yang diperoleh dihitung daya dukung yang terjadi. Kemudiam membandingkan berapa peningkatan daya dukung lereng sebelum diberi perkuatan dengan lereng setelah menggunakan perkuatan geotekstil. Perkuatan yang digunakan berupa geotekstil jenis woven yang terbuat dari bahan polypropylene silt. Dari data hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil, semakin besar kemiringan lereng maka daya dukung yang dihasilkan semakin kecil. Sedangkan untuk variasi lebar pondasi, semakin besar lebar pondasi yang digunakan maka daya dukung yang dihasilkan semakin kecil .Kontribusi perkuatan yang di pakai sangat berpengaruh terhadap penentuan lebar pondasi yang paling optimum menghasilkan daya dukung. Nilai daya dukung ultimit yang paling maksimal terjadi pada saat kemringan lereng 46 dan lebar pondasi 4 cm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/438/051405047
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Sep 2014 14:54
Last Modified: 16 Nov 2021 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142736
[thumbnail of BAB_IV_(ira).pdf]
Preview
Text
BAB_IV_(ira).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_(ira).pdf]
Preview
Text
BAB_V_(ira).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SAMPUL,_DAFTAR_ISI_,_PENGANTAR,_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
SAMPUL,_DAFTAR_ISI_,_PENGANTAR,_ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_(ira_baru).pdf]
Preview
Text
BAB_II_(ira_baru).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_(ira).pdf]
Preview
Text
BAB_I_(ira).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_(ira).pdf]
Preview
Text
BAB_III_(ira).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item