Penentuan Kualitas Jaringan Cdma 1x Evdo Rev.B Dengan Metode Drivetest

Hidayat, Anas Amrullah and Ir. Erfan Achmad Dahlan. M.T, - and M. Fauzan Edy Purnomo. S.T., M.T, - (2014) Penentuan Kualitas Jaringan Cdma 1x Evdo Rev.B Dengan Metode Drivetest. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mobilitas dalam berkomunikasi, sekarang ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Kenaikan jumlah pelanggan menyebabkan terjadinya penurunan Quality of Service sehingga komplain dari pelanggan pun akan semakin banyak pula. Oleh karena itu setiap provider atau operator dituntut agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cepat dan akurat. Permasalahan pada jaringan seluler khususnya untuk koneksi internet, yaitu terletak pada keterbatasan akses dan kecepatan downlink. Permasalahan tersebut dapat diketahui dari performansi level sinyal yang diterima, dimana parameter pensinyalan merupakan kunci utama dalam menentukan permasalahan yang terjadi di dalam jaringan. Terdapat beberapa teknolgi telekomunikasi seluler yang dapat menyediakan layanan data dengan koneksi internet dan kecepatan downlink yang lebih daripada teknologi sebelumnya, contohnya CDMA 1xEvdo Revision. B. CDMA 1xEvdo Revision. B atau yang biasa disebut CDMA EVDO Rev. B merupakan pengembangan dari jaringan EVDO Rev. A yang menawarkan kecepatan maksimum 9.3 Mbps untuk mengunduh data (download) dan 5.4 Mbps untuk mengunggah (upload). Pada Jaringan EVDO Rev. B menggunakan lebih dari satu carrier dengan asumsi masing-masing carrier bernilai 3 Mbps dengan lebar spektrum 3.75 MHz. Skripsi ini mengevaluasi kualitas jaringan CDMA EVDO Rev. B dengan metode drivetest. Parameter kualitas jaringan yang dipakai adalah RX Power, TX Power, dan Troughput. Sehingga dari hasil drivetest tersebut diperoleh informasi nilai parameter dan kondisi jaringan suatu provider masih layak atau perlu dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitasnya. Berdasarkan hasil pengukuran drivetest dan perhitungan secara matematis nilai troughput dengan factor utilisasi 0.9 diperoleh 3267.7 kbps. Sedangkan nilai troughput pada hasil pengukuran di lapangan dengan 3 kali pengukuran di jam yang berbeda, hasilnya juga berbeda yaitu : Nilai rata-rata troughput pada jam 11.00 yaitu 554.28 kbps, sedangkan nilai minimum troughput yaitu 0 dan nilai maksimum troughput yaitu 1812.16 kbps. Nilai rata-rata troughput pada jam 06.00 yaitu 754.67 kbps, sedangkan nilai minimum Troughput yaitu 0 dan nilai maksimum troughput yaitu 2183.14 kbps. Nilai rata-rata Troughput pada jam 20.00 yaitu 454.12 kbps, sedangkan nilai minimum troughput yaitu 0 dan nilai maksimum troughput yaitu 1105.15 kbps.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/429/051404995
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Sep 2014 09:19
Last Modified: 16 Nov 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142725
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_II.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item