Studi Koordinasi Sistem Pengaman Penyulang Trafo Iv Di Gardu Induk Waru

Ramadhan, Rize Taufiq (2014) Studi Koordinasi Sistem Pengaman Penyulang Trafo Iv Di Gardu Induk Waru. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Energi listrik merupakan energi utama yang digunakan hampir diseluruh sisi kehidupan.Di dalam penyaluran energi listrik diperlukan kontinuitas pelayanan yang baik kepada konsumen. Diantara bermacam-macam gangguan yang paling banyak adalah gangguan hubung singkat yang dapat menimbulkan kerusakan pada rangkaian listrik tersebut serta pada transformator dan lainnya Jika gangguan hubung singkat dan beban lebih dibiarkan terus-menerus berlangsung dapat merusak peralatan,serta dapat menyebabkan pemadaman yang meluas. Gangguan hubung singkat dapat terjadi antara fasa ( 3 fasa atau 2 fasa) atau 1 fasa ke tanah dan sifatnya bisa temporer atau permanen. Untuk peningkatan keandalan (reliability), arus gangguan hubung singkat terbesar terjadi pada gangguan hubung singkat 3 fasa di bus bar 20 kV yaitu 6665,7077A dan terkecil terjadi pada arus gangguan hubung singkat 1 fasa ke tanah yaitu 678,1658A. Dari hasil analisis, dilakukan resseting pada penyulang Pagesangan dan Platinum dengan setting kelambatan waktu 0,3 detik, untuk sisi incoming 0,7 detik. Koordinasi setting pengaman rele arus lebih (OCR) dan rele arus gangguan tanah (GFR) arus hubung singkat maksimum dan minimum, selain itu juga memberikan waktu tunda (∆t) dalam koordinasinya sesuai dengan urutan grading time sehingga tercapai koordinasi yang baik antara rele arus lebih (OCR) dan rele arus gangguan tanah (GFR) di incoming maupun outgoing feeder.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/388/051404891
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Sep 2014 09:01
Last Modified: 15 Nov 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142679
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item