Peningkatan Jalan Sebagai ‘Place’ Di Kawasan Pusat Kota Malang Berdasarkan Model Kano (Studi Kasus: Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu, Jalan Kertanegara)

Wiyanti, DesiRizki (2014) Peningkatan Jalan Sebagai ‘Place’ Di Kawasan Pusat Kota Malang Berdasarkan Model Kano (Studi Kasus: Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu, Jalan Kertanegara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu dan Jalan Kertanegara Kota Malang memiliki fungsi sebagai pusat pelayanan baik berskala kota maupun regional dengan fungsi jalan sebagai kolektor sekunder. Jalan ini merupakan bagian dari kawasan bersejarah Kota Malang. Place merupakan konsep desain jalan yang dapat diterapkan jika jalan tersebut memiliki ciri khas dan mengakomodir hak dari pejalan kaki sehingga semua pengguna jalan akan lebih nyaman menggunakan jalan tersebut. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tingkat pelayanan jalan, kapasitas legal parkir on-street untuk mengetahui pengaruhnya terhadap tingkat pelayanan jalan. Analisis tarikan pergerakan untuk mengetahui besar tarikan pergerakan yang diakibatkan oleh masing-masing fungsi guna lahan. Analisis selanjutnya kesesuaian parkir yang dianalisis dengan menggunakan pembandingan dengan petak lahan parkir eksisting (SRP) yang disediakan pemilik guna lahan, kebutuhan parkir berdasarkan standar, dan kebutuhan parkir berdasarkan akumulasi puncak dari tarikan pergerakan yang menuju guna lahan tersebut. Analisis yang digunakan untuk meningkatkan jalan sebagai place adalah analisis kano yang dievaluasi dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil evaluasi konsep place yang dilakukan pada jalan yang memiliki karakteristik geometrik yang sama diketahui bahwa Jalan Semeru segmen I sampai Jalan Semeru segmen II serta Jalan Tugu sampai Jalan Kertanegara memiliki nilai lebih tinggi untuk ditingkatkan menjadi place akibat adanya dukungan dari kondisi eksisting jalan-jalan tersebut. Peningkatan jalan sebagai place membutuhkan desain yang mampu menyetarakan hak pejalan kaki dan pengguna kendaraan, disekitarnya memiliki guna lahan yang berfungsi campuran, memberikan pilihan moda sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, memiliki ciri khas yang mampu memunculkan adanya kegiatan di jalan tersebut sehingga pengguna jalan tidak hanya melakukan pergerakan.

English Abstract

Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu dan Jalan Kertanegara Kota Malang have a function as center of services both in local scale and regional scale with the hierarchy of street as secondary collector. This street is a part of historical area in Malang City. Place is a design street concept which can applied if the street have a distinctive value and can accomodate pedestrians right, so that all of street users will fell more comfort to use this street. Analysis method in this research are level of service (LOS) analysis, legal onstreet parking capacity to know it influence the street level of service. Trip attraction analysis used to know the large of attraction from land use in the study area. The next analysis is parking appropiate analysis with use comparing method between existing land parking in each land use (SRP), land parking need base of standart and land parking need base of peak parking accumutaion from the each land use attraction. The analysis which used to make the street more pleace is Kano Model analysis which are the variable have appropiated with place aspect and existing condition. There is three design street from the result of this study, that is design in Jalan Semeru segment I until Jalan Semeru segment II, Jalan Semeru segment III until Jalan Kahuripan segment III and Jalan Tugu until Jalan Kertanegara. Jalan Semeru segment III until Jalan Kahuripan segment III has higher level of services more the others, because of the land use in this street have larger attraction but haven’t appropiate land parking. Base of street user perception analysis using Kano Model from land use and street analysis before, Jalan Semeru segment III until Jalan Kahuripan segment III just accomodate less aspect of place than the others.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/197/051402429
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Apr 2014 10:07
Last Modified: 21 Oct 2021 13:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142473
[thumbnail of DESI_RIZKI_WIYANTI.pdf] Text
DESI_RIZKI_WIYANTI.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (33kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item