Biaya Kemacetan dan Polusi Udara Karbonmonoksida (CO) Pada Lalu Lintas Akibat Adanya Pembangunan Fly Over (Studi Kasus: Fly Over Simpang Jalan Ahmad Yani-Gatot Subroto

Hayati, FatiaMufieda (2014) Biaya Kemacetan dan Polusi Udara Karbonmonoksida (CO) Pada Lalu Lintas Akibat Adanya Pembangunan Fly Over (Studi Kasus: Fly Over Simpang Jalan Ahmad Yani-Gatot Subroto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

kemacetan adalah saat dimana kapasitas jalan tidak dapat menampung volume lalu lintas dari jalan tersebut. Dampak dari kemacetan dapat berupa kerugian secara tidak langsung yang diterima oleh pengguna jalan. dampak tersebut antar lain biaya kemacetan dan biaya polusi udara. Kota Banjarmasin merupakan salah kota besar di Indonesia yang mempunyai permasalahan kemacetan sehingga untuk mengurangi permasalah tersebut di rencanakan pembangunan fly over yang berlokasi di Simpang Jalan Ahmad Yani-Gatot Subroto Kota Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi besarnya kerugian saat proses pembangunan fly over terhadap biaya kemacetan dan biaya polusi udara sehingga dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk perencanaan dan manajemen transportasi selanjutnya. Metode yang digunakan untuk menghitung biaya kemacetan dalam penelitian ini yaitu metode dari Tzedakis, 1980. Dengan komponen perhitungan yaitu volume lalu lintas, biaya operasional kendaraan, kecepatan kendaraan, kecepatan ideal kendaraan, nilai dan waktu perjalanan dan panjang antrian kendaraan sedangkan dalam perhitungan biaya polusi udara menggunakan tiga metode perhitungan yaitu metode perhitungan biaya polusi udara berdasarkan jenis kendaraan, metode perhitungan biaya polusi udara berdasarkan kecepatan kendaraan dan metode perhitungan biaya polusi udara berdasarkan biaya kesehatan yang dikeluarkan (marginal health cost). Dari tiga metode perhitungan biaya polusi udara tersebut, perhitungan biaya polusi udara yang paling tepat digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode asif faiz, 1996. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya proses pembangunan fly over di Kota Banjarmasin menimbulkan peningkatan terhadap biaya kemacetan dan biaya polusi udara. Hasil dari peningkatan kemacetan ini juga dibuktikan dari peningkatan LOS (level of service) pada ruas jalan yang dipengaruhi oleh pembangunan fly over. Untuk itu adanya manajemen lalu lintas atau konstruksi jalan maupun jembatan harus mempertimbangkan dampak kemacetan yang akan dihasilkan pada proses pembangunan sehingga dapat meminimalisir peningkatan biaya kemacetan dan biaya polusi udara yang akan ditimbulkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/187/051402175
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Mar 2014 14:48
Last Modified: 21 Oct 2021 13:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142463
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 0.1_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
0.1_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 0.2_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
0.2_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 0.0_COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
0.0_COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 0.3_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
0.3_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 0.4_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
0.4_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item