Kajian Fungsi Kantong Lumpur Bendung Kedung Cabak

Hartono, AndriYudianTri (2013) Kajian Fungsi Kantong Lumpur Bendung Kedung Cabak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sedimen yang telah masuk dalam kantong lumpur di bendung Kedung Cabak Kabupaten Blitar nantinya akan digelontorkan tiap jangka waktu 10 harian. Karena pada saat volume maksimum tampungan kantong lumpur sudah penuh, harus segera dilakukan penggelontoran untuk menanggulangi supaya sedimen tidak masuk dan mengendap kesaluran irigasi. Namun dalam proses penggelontoran sedimen di kantong lumpur Kedung Cabak tidak selalu berjalan berjalan baik. Faktor yang menyulitkan adalah keanegaragaman dalam hal waktu dan jumlah sedimen yang masuk kantong lumpur. Lebih – lebih lagi, data sedimen untuk kantong lumpur hampir tidak tersedia. Juga dalam proses pengendapan sedimen pada kantong lumpur sering terjadi suatu masalah. Tidak efektif pola pengendapan dan pola penggelontoran sedimen pada kantong lumpur menjadi masalah yang banyak terjadi di lapangan. Karena sedimen yang mengendap tidak segera dibersihkan atau digelontorkan maka sedimen akan mengeras.. Maka dari itu, dalam analisa diambil judul Kajian Fungsi Kantong Lumpur Bendung Kedung Cabak. Perhitungan Efektifitas Kantong Lumpur, harus mengetahui tentang : Data Kantong Lumpur, Data Sampel Sedimen bed load dan suspended load yang ada di Kantong Lumpur. Analisa Muatan layang (suspended load) dapat dihitung dengan menggunakan metode USBR (United State Bureau Reclamation) dimana untuk menghitung angkutan muatan layang, diperlukan pengukuran debit air (Qw) dalam m3/det, yang dikombinasikan dengan konsentrasi sedimen (C) dalam mg/l, yang menghasilkan debit sedimen dalam ton/hari. Analisa data bed load dapat dihitung dengan Formula Einstein. Dalam formula ini, Einstein menetapkan persamaan muatan dasar sebagai persamaan yang menghubungkan material dasar dengan pengaliran setempat. Persamaan itu menggambarkan keadaan keseimbangan daripada pertukaran butiran dasar antara lapisan dasar ( bed layer ) dan dasarnya. Untuk mengetahui Efektifitas pengendapan kantong lumpur dapat dicek menggunakan grafik Camp pada waktu kantong penuh, apakah pengendapannya masih efektif dan apakah bahan yang sudah mengendap tidak akan menghambur lagi. Dari analisa besarnya laju pengendapan suspended dan bed load diketahui bahwa tanggal 1 september 2012 besarnya suspended load 57.531 m3/hr dan bed load 15.298 m3/hr, tanggal 11 september 2012 besarnya suspended load 22.785 m3/hr dan bed load 9.359 m3/hr. tanggal 21 september 2012 besarnya suspended load 10.735 m3/hr dan bed load 7.193 m3/hr. Sedangkan efektififitas kantong lumpur Kedung Cabak dapat mengendapkan 100 % sedimen berdiameter rerata di atas 0,02 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/71/051303492
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 23 Apr 2013 09:30
Last Modified: 21 Oct 2021 12:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142332
[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I(maju).pdf]
Preview
Text
BAB_I(maju).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II(maju).pdf]
Preview
Text
BAB_II(maju).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III(maju).pdf]
Preview
Text
BAB_III(maju).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV(maju).pdf]
Preview
Text
BAB_IV(maju).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Dafar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Dafar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item