Pengaruh Bentuk Gelombang Sinus Termodifikasi (Modified Sine Wave) Terhadap Unjuk Kerja Motor Induksi Satu Fasa

Fierdaus, Robby (2013) Pengaruh Bentuk Gelombang Sinus Termodifikasi (Modified Sine Wave) Terhadap Unjuk Kerja Motor Induksi Satu Fasa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem photovoltaic saat ini telah sampai pada sebuah sistem yang dapat diterapkan di perumahan yang biasa disebut dengan Solar Home System (SHS). Sistem photovoltaic ini akan mengubah energi yang dibangkitkan menjadi sumber energi listrik bolak-balik menggunakan alat berupa inverter. Pada skala SHS inverter yang digunakan adalah inverter jenis Modified Sine Wave yang mana bentuk gelombang keluaran adalah nonsinus. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari bentuk gelombang Modified Sine Wave pada beban rumah tangga yaitu motor induksi satu fasa (kipas angin). Dan penentuan parameter-parameter pada motor induksi satu fasa dilakukan dengan 3 pengujian, yaitu pengujian blok rotor, pengujian beban nol, dan pengujian sumber DC. Dengan persamaan-persamaan motor induksi satu fasa jenis Permanent Split Capacitor maka akan didapatkan besar efisiensi, torsi, serta rugirugi daya pada motor induksi saat beroperasi. Pendekatan juga dilakukan dengan menggunakan metode Deret Fourier. Dari hasil penilitian ini didapatkan besar efisiensi serta rugi-rugi daya saat menggunakan inverter modified sine wave adalah sebesar 20,17 % dan 36,72 W. Sedangkan bila menggunakan sumber sinusoida murni sebesar 21,78 % dan 35,19 W.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/58/051303463
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 22 Apr 2013 11:43
Last Modified: 21 Oct 2021 12:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142318
[thumbnail of Makalah_Seminar_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Makalah_Seminar_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item