Aditama, Harsya (2014) Model Pemilihan Moda antara KA dan Truk untuk Pengiriman Barang Koridor Surabaya-Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai pusat pertumbuhan dan pergerakan ekonomi di bidang industri dan perdagangan di Indonesia pada umumnya, dan di Pulau Jawa pada khusunya, pergerakan angkutan barang sepanjang koridor Surabaya-Jakarta sangat padat termasuk pergerakan angkutan barang jenis general cargo atau paket, terutama yang melalui jalur darat. Untuk saat ini jalur darat koridor Surabaya-Jakarta dilayani oleh moda kereta api dan truk. Seiiring dengan terus meningkatnya pergerakan angkutan barang yang melalui jalur darat, maka semakin padat juga lalu lintas jalan raya Pantura oleh moda truk. Namun tidak untuk pergerakan kereta api barang jenis general cargo yang dilayani oleh KA Parcel dan KA ONS (Over Night Service) yang masih memiliki jumlah pergerakan yang sama atau tidak meningkat secara signifikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik soisal ekonomi, karakteristik pengiriman barang, serta model pemilihan moda dari pengguna jasa pengiriman barang untuk koridor Surabaya-Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei untuk mendapatkan data primer. Survei dilakukan dengan penyebaran kuisioner dan wawancara karakteristik sosial ekonomi, karakteristik pengiriman barang dan formulir pertanyaan stated preference terhadap responden. Dimana responden adalah pengguna jasa pengiriman barang, baik via moda truk maupun kereta api. Analisis pemilihan moda dengan menggunakan metode Stated Preference, dengan atribut biaya pengiriman, waktu tempuh pengiriman, dan frekuensi keberangkatan pengiriman barang. Berdasarkan hasil analisis stated preference, menurut persepsi pengirim via truk dapat terjadi perpindahan moda apabila biaya pengiriman barang elektronik via kereta api lebih murah Rp. 10.000/ 10 Kg, untuk barang non-elektronik lebih murah Rp. 5.000 /10 Kg, sedangkan untuk barang secara umum (gabungan elektronik dan non-elektronik) kereta api lebih murah Rp. 8.000/10 Kg dari truk. Untuk waktu tempuh pengiriman barang via kereta api lebih cepat 4 jam atau lebih. Dan frekuensi keberangkatan pengiriman barang via kereta api dapat mencapai 4 kali dalam sehari atau lebih. Apabila menurut persepsi pengirim barang via kereta api dapat terjadi perpindahan moda apabila biaya pengiriman barang elektronik via truk lebih murah Rp. 15.000/10 Kg, untuk barang non-elektronik lebih murah Rp. 21.000/10 Kg, sedangkan untuk barang secara umum biaya pengiriman via truk dapat lebih murah Rp. 20.000/10 Kg. Dalam hal waktu tempuh pengiriman barang tidak terlalu dipermasalahkan karena kondisi eksisting sudah lebih cepat dari truk. Sedangkan untuk frekuensi keberangkatan pengiriman barang dalam sehari sebanyak 2 kali atau sama dengan kondisi saat ini responden tetap memilih kereta api. Sedangkan apabila analisis dilakukan berdasarkan persepsi gabungan antara pengguna jasa via truk dan kereta api digabung didapat bahwa dapat terjadi perpindahan moda dari truk ke kereta api apabila selisih biaya pengiriman barang elektronik antara kereta api dan truk maksimal lebih mahal Rp. 5.000/10 Kg apabila lebih dari itu maka responden akan memilih moda truk, untuk barang non-elektronik selisih biaya kereta api dan truk maksimal lebih mahal Rp.12.000/10 Kg, apabila ditinjau dari barang secara umum (gabungan barang elektronik dan non-elektronik) maksimal selisih biaya pengiriman antara kereta api dan truk adalah Rp. 8.000/10 Kg. Dari sisi waktu tempuh pengiriman barang, apabila waktu tempuh pengiriman kereta api sama dengan truk sudah dapat menjadi pilihan moda. Sedangkan dari frekuensi keberangkatan pengiriman kereta api paling tidak lebih dari 2 kali dalam sehari.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2013/560/051400414 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 08:59 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 02:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |