Perancangan Hybrid Sistem Photovoltaic Di Gardu Induk Blimbing-Malang

Yulistiono, Irwan (2013) Perancangan Hybrid Sistem Photovoltaic Di Gardu Induk Blimbing-Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat Ini Pembangkit Energi Listrik Yang Terdapat Di Indonesia Mayoritas Menggunakan Sumber Energi Tak Terbarukan ( Unrenewable ), Sedangkan Sumber Energi Terbarukan ( Renewable ) Masih Sangat Minim. Sehingga Perlu Ditingkatkan Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan. Satu-Satunya Perusahaan Di Indonesia Yang Bergerak Dalam Bidang Listrik Adalah Pt.Pln (Persero). Pln Berupaya Untuk Meningkatkan Kualitas Dari Listrik Yang Dihasilkannya. Salah Satu Upaya Pln Untuk Meningkatkan Keandalan Dan Stabilitas Yang Tinggi Adalah Merancang Sistem Photovoltaic Sebagai Hybrid Di Gardu Induk (Gi). Makalah Ini Membahas Tentang Perancangan Hybrid Sistem Photovoltaic Secara Teknis Yang Sesuai Dengan Kondisi Yang Ada Di Gi Blimbing. Pada Umumnya Komponen Sistem Photovoltaic Terdiri Dari: Modul Pv, Battery Control Regulator (Bcr), Baterai, Inverter, Dan Switch Controller . Pada Hasil Perancangan Sistem Photovoltaic Modul Yang Terpasang Sebanyak 20 Buah Dengan Kapasitas Modul 175 Wp. Sistem Photovoltaic Akan Bekerja Apabila Tegangan Baterai Mencapai Batas Bawah Rekoneksi 101 V Dan Tidak ekerja Apabila Tegangan Baterai Mencapai Batas Bawah 99 V. Baterai Akan Terisi Penuh Sampai Pada Tegangan Batas Atas 126 V.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/532/051400106
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jan 2014 13:23
Last Modified: 21 Oct 2021 12:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142265
[thumbnail of BAB_I_-_V_fix.pdf]
Preview
Text
BAB_I_-_V_fix.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of COVER_-_Daftar_isi_fix.pdf]
Preview
Text
COVER_-_Daftar_isi_fix.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item