Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis KPKU (Kriteria Penilaian Kinerja Unggul) BUMN(Studi kasus: Perum Jasa Tirta 1 Malang)

Estuningsari, EkaRahayu (2013) Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis KPKU (Kriteria Penilaian Kinerja Unggul) BUMN(Studi kasus: Perum Jasa Tirta 1 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia usaha pada era globalisasi saat ini menunjukkan persaingan yang semakin kuat. Kementrian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) memutuskan untuk membangun dan mengimplementasikan suatu sistem pengelolaan dan pengendalian kinerja BUMN berbasis Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) yang bertujuan meningkatkan efektifitas dan kapabilitas BUMN secara menyeluruh. Sejauh ini,Perum Jasa Tirta 1 Malang melakukan pengukuran kinerja perusahaan secara individu dan masih fokus pada satu kategori saja, yaitu kategori Fokus Tenaga Kerja di unit Sumber Daya Manusia. Penelitian ini dimulai dengan menyebarkan kuesioner berdasarkan enamkategoriKPKU. Kategori tersebut terdiri dari Kategori Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus Pelanggan, Pengukuran Analisis dan Pengelolaan Pengetahuan, Fokus Tenaga Kerja, Fokus Operasi pada 5 unit bagian yang ditujukan kepada Kepala Bagian dan Calon Tenaga Ahli. Hasil pengukuran selanjutnya diolah menggunakan Traffic Light System untuk menentukan kategori mana yang perlu mendapatkan perbaikan. Berdasarkan pengukuran kinerja dengan metode KPKU BUMN, Perum Jasa Tirta 1 Malang mencapai persentase 70,18%, kondisi ini menunjukkan bahwa perusahaan sudah cukup baik dalam mencapai target walaupun nilai masih minimal dan perlu mendapatkan perbaikan. Hasil persentase Kategori Kepemimpinan sebesar 94,96%; Kategori Perencanaan Strategis sebesar 70,46%; Kategori Fokus pada Pelanggan sebesar 63.15%; Kategori Pengukuran Analisis dan Pengelolaan Pengetahuansebesar 70.46%; Kategori Fokus pada Tenaga Kerja sebesar 67.08%; Kategori Fokus pada Operasi sebesar 52.56%. Berdasarkan pengukuran kinerja menggunakan KPKU BUMN,Kategori Fokus pada Operasi yang memiliki nilai paling rendah sehingga pihak perusahaan harus segera melakukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Pihak perusahaan harus membuat sistem dalam pengelolaan supplier, pemilihan supplier, evaluasi supplier yang berkinerja buruk

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/517/051311896
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Jan 2014 13:39
Last Modified: 21 Oct 2021 12:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142249
[thumbnail of 7._BAB_V_Penutup.pdf]
Preview
Text
7._BAB_V_Penutup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
8._Lampiran_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran_4.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._Lampiran_3.pdf]
Preview
Text
10._Lampiran_3.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9._Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
9._Lampiran_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._Lampiran_5.pdf]
Preview
Text
12._Lampiran_5.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 2._daftar-daftar_dan_abstrak.pdf]
Preview
Text
2._daftar-daftar_dan_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover_+lemper_Skripsi.pdf]
Preview
Text
1._Cover_+lemper_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_I_Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
3._BAB_I_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13._Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
13._Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_II_Tinjauan_Pustaka.pdf]
Preview
Text
4._BAB_II_Tinjauan_Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_III_Metode_Penelitian.pdf]
Preview
Text
5._BAB_III_Metode_Penelitian.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf]
Preview
Text
6._BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item