Perancangan Aplikasi Data Mining dengan Algoritma Apriori Untuk Frekuensi Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan (Studi Kasus di Swalayan KPRI Universitas Brawijaya)

Dewantara, Heru (2013) Perancangan Aplikasi Data Mining dengan Algoritma Apriori Untuk Frekuensi Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan (Studi Kasus di Swalayan KPRI Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Swalayan Koperasi Pegawai Republik Indonesia Universitas Brawijaya (KPRI-UB) merupakan perusahaan ritel dengan format swalayan atau supermarket yang berusaha mewujudkan kepuasan bagi konsumen. Dalam kenyataannya, persaingan dengan swalayan lainnya tidak bisa dipungkiri sehingga diperlukan strategi – strategi untuk mempertahankan bisnis ritel yang dikaitkan dengan peran teknologi informasi. Sebagai contoh dalam peletakan barang-barang belanjaan yang tersusun di dalam rak sebaiknya disesuaikan dengan pola konsumsi konsumen. Oleh karena itu, penelitian ini menawarkan sebuah solusi untuk mengetahui pola konsumsi konsumen dengan bantuan aplikasi MBA. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis keranjang belanja atau Market Basket Analysis (MBA) dengan memanfaatkan data transaksi penjualan selama bulan Februari 2013. Data tersebut ditransformasikan menjadi database berbentuk file Microsoft Access menggunakan bantuan software Visual Basic 6.0. sehingga menghasilkan aplikasi MBA. Hasil yang diperoleh dari peneltian ini adalah sebuah prototipe aplikasi MBA. Pengujian prototipe dilakukan dengan memberikan batasan minimum transaksi (support) sebesar 7 transaksi dan minimum confidence sebesar 5%. Dengan batasan tersebut, aplikasi MBA membentuk 11 aturan asosiasi. Salah satu aturan asosiasi yang terbentuk adalah jika membeli gula pasir lokal 1kg, indofood bmb.racik sayur sop 20gr 9117, maka membeli indofood bmb.racik sy.asem 20gr rsah.463 dengan nilai support = 0,52% dari 1935 transaksi dan nilai confidence = 90,91% yang merupakan aturan dengan nilai confidence tertinggi. Proses selanjutnya adalah mengkategorikan item yang digunakan sebagai acuan perbaikan layout, sehingga mendapatkan rekomendasi perbaikan layout yang menyatakan bahwa gula didekatkan dengan telur, bumbu masak jadi, dan minyak goreng; minyak goreng didekatkan dengan bumbu masak jadi; telur didekatkan dengan beras dan mie instant serta minuman didekatkan dengan roti. Dengan demikian, penataan barang dagangan bisa disesuaikan dengan aturan asosiasi agar sesuai dengan pola konsumsi konsumen.

English Abstract

Supermarket KPRI-UB is a retail company with supermarket format that seeks to realize consumer’s satisfaction. In fact, competition with other supermarkets can not be denied so it needs strategies to maintain a retail business that is associated with the role of information technology. For example in laying grocery items are arranged in the rack should be adapted to consumer consumption patterns. Therefore, this research offers a solution to discover the consumption patterns of consumers with the help of data mining applications. In this research, the method used is the Market Basket Analysis (MBA) with utilize of the sales transaction data for the month of February 2013. The data is transformed into a Microsoft Access database file form using Visual Basic 6.0 software assistance to produce MBA applications. The results from this research is an MBA application prototype. Prototype testing is done by giving a minimum transactions limit by 7 and minimum confidence by 5%. With these limitations, the MBA application form 11 association rules. One of the rules the association is formed if buy gula pasir lokal 1kg, indofood bmb.racik sayur sop 20gr 9117, then bought indofood bmb.racik sy.asem 20gr rsah.463 with support value = 0.52% of the 1935 transactions and the value of confidence = 90.91% which is the rule with the highest confidence value. The next process is to categorize the items that are used as a reference layout improvements, so that get recommendations for improvement layouts stating that sugar brought closer with the egg; seasoning, and cooking oil, While cooking oil brought closer to with seasoning, eggs brought closer to rice and instant noodles, and drinks brought closer to bread. Thus the arrangement of merchandise can be adjusted with the association rules to fit the consumer consumption patterns.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/502/051311744
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 19 Dec 2013 14:42
Last Modified: 21 Oct 2021 12:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142232
[thumbnail of DAFTARA_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTARA_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN_ORISINILITAS.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN_ORISINILITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item