Evaluasi Struktur Pilar Pada Bendung Gerak (Barrage) Batang Asai Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi

Puteriana, ShintyaAgustien (2013) Evaluasi Struktur Pilar Pada Bendung Gerak (Barrage) Batang Asai Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Sarolangun merupakan dataran rendah dengan hamparan areal yang sangat luas yang umumnya berupa daerah rawa dengan penggunaan lahan berupa persawahan. Dengan banyaknya pemanfaatan lahan berupa persawahan maka diperlukan adanya keseimbangan antara kebutuhan dan penyediaan akan air untuk mengoptimalkan produktivitas dari areal persawahan itu sendiri. Salah satu usaha untuk ketersediaan air tersebut yaitu dengan dibangunnya bendung gerak (barrage) dengan memanfaatkan sumber daya air yang dimiliki oleh Wilayah Sungai Batang Asai. Tahap awal dalam studi ini adalah menganalisis mengenai stabilitas bendung gerak, bangunan penguras dan dinding penahan. Stabilitas bangunan dianalisis dari tinjauan terhadap stabilitas guling, geser, eksentrisitas dan daya dukung tanah. Bangunan ditinjau pada kondisi muka air normal, kondisi muka air banjir dalam keadaan normal maupun gempa. Dari hasil studi didapatkan hasil analisis berupa stabilitas guling, geser dan eksentrisitas bendung gerak, bangunan penguras dan dinding penahan memenuhi persyaratan. Sedangkan analisis daya dukung tanah tidak memenuhi persyaratan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, didesain pondasi tiang dengan diameter 0,40 meter dan kedalaman 6 meter (bendung gerak dan bangunan penguras), 8 meter (dinding penahan bagian hulu dan jembatan) dan 4 meter (dinding penahan bagian hilir) dengan kedalaman ujung tiang terletak pada elevasi +48.00. Semua perhitungan konstruksi direncanakan menggunakan beton bertulang dengan mutu beton f’c = 20 MPa dan mutu baja fy = 240 MPa. Dalam studi ini sambungan konstruksi (construction joint) dilaksanakan setiap tinggi tertentu dengan batas setinggi-tingginya 1,5 m – 2,0 m. Sambungan kontraksi (contraction joint) yang direncanakan adalah pada bangunan bendung gerak (barrage) dengan panjang 15,00 m, bangunan penguras (sluice gate) dengan panjang 7,50 m, dinding penahan dan lantai kolam olak sepanjang 10,00 m.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/482/051310773
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:48
Last Modified: 21 Oct 2021 12:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142213
[thumbnail of BAB_II_Landasan_Teori.pdf]
Preview
Text
BAB_II_Landasan_Teori.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_Metodologi_Penelitian.pdf]
Preview
Text
BAB_III_Metodologi_Penelitian.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_Penutup.pdf]
Preview
Text
BAB_V_Penutup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
BAB_I_Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item