Studi Normalisasi Kali Porong Akibat Buangan Lumpur Sidoarjo

Fathoni, MuhammadFadli (2013) Studi Normalisasi Kali Porong Akibat Buangan Lumpur Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Mei 2006 terjadi semburan lumpur panas di Kabupaten Sidoarjo yang berlokasi di sekitar tempat pengeboran yang dilakukan PT Lapindo Brantas. Lumpur di tampung pada kolam penampung dan sesuai dengan Perpres 14/2007 jo. Perpres48/2008 jo. Perpres 40/2009 jo, luapan lumpur Sidoarjo dialirkan ke laut melalui Kali Porong. Permasalahan yang mungkin terjadi akibat pembuangan lumpur melalui Kali Porong antara lain aliran sungai menjadi tidak lancar dengan banyaknya volume lumpur yang dibuang pada Kali Porong, berkurangnya kapasitas tampungan sungai akibat naiknya elevasi dasar sungai, dan pendangkalan di muara sebagai dampak dari jumlah sedimen yang terbawa akibat bertemunya arus dari sungai dan laut. Studi ini bertujuan untuk menentukan upaya pemecahan permasalahan yang terjadi di sepanjang aliran Kali Porong yang bermuara di Selat Madura. Kali Porong mempunyai panjang total 47 km yang dalam studi ini dikaji pada ruas KP150 yang berlokasi didekat stasiun AWLR Porong hingga KP270 yang berlokasi di muara Selat Madura sepanjang 23 km mulai. Analisa yang dilakukan pada studi ini adalah analisa kondisi hidrolika aliran dan geometri sungai sebelum dan sesudah pembuangan lumpur ke Kali Porong. Perhitungan hidrologi untuk menentukan besaran debit menggunakan metode flow characteristic. Dalam analisa digunakan software HEC-RAS. Normalisasi sungai dilakukan pada Kali Porong apabila ditemukan atau dihasilkan daerah-daerah yang terkena dampak akibat pembuangan lumpur tersebut. Normalisasi yang direncanakan antara lain: perbaikan lereng, pembuatan tanggul, dan perencanaan ambang. Setelahnya dilakukan analisa kembali terhadap hasil perencanaan tersebut. Dalam kajian ini perhitungan stabilitas lereng tanggul menggunakan bantuan program Geoslope Student Version. Berdasarkan running program atau analisa, didapatkan hasil pada KP150 hingga KP270 terdapat ruas-ruas yang mengalami banjir akibat pembuangan lumpur. Dengan adanya upaya normalisasi sungai berupa perbaikan lereng menggunakan pasangan batu dengan tanaman pada celahnya mulai dari KP150 hingga KP240 dan pembuatan tanggul setinggi 1,61 m (hair + tinggi jagaan) di KP250 hingga KP270 dan ambang dengan pasangan batu kosong pada KP205 setinggi 1,5 m dari dasar sungai, maka didapatkan hasil dari running atau analisa dengan program HEC-RAS bahwa Kali Porong mampu menampung debit andalan (Q26%) sebesar 1279,88 m3/dt dan mampu mengalirkan lumpur yang dibuang dengan lancar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/433/051309341
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Oct 2013 15:01
Last Modified: 21 Oct 2021 11:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142164
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi,daftar_tabel_n_dftar_gambar.pdf]
Preview
Text
daftar_isi,daftar_tabel_n_dftar_gambar.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item