Sistem Pengendalian Level Cairan Tinta Printer Epson C90 Sebagai Simulasi Pada Mesin Percetakan Berbasis Programmable Logic Controller (Plc)

Atmanegara, LaluIrjan (2013) Sistem Pengendalian Level Cairan Tinta Printer Epson C90 Sebagai Simulasi Pada Mesin Percetakan Berbasis Programmable Logic Controller (Plc). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Programmable Logic Controller atau lebih dikenal sebagai PLC, penggunaannya saat ini sangatlah luas. Kemajuan teknologi saat ini membuat PLC mampu menyediakan input maupun output dalam besaran analog dan menjadi pilihan sebagian besar industri sebagai alat pengontrol yang baik. Dalam skripsi ini PLC diaplikasikan sebagai alat pengontrol level ketinggian tinta dengan memanfaatkan teknik pengontrolan PID (Proporsional Integral Differential) yang telah tersedia di dalam PLC yang diharapkan nantinya dapat menunjang pada kebutuhan kinerja mesin percetakan dalam skala besar. Input yang diberikan berupa besaran analog dan output yang dihasilkan oleh PLC dikeluarkan dalam bentuk besaran Pulse Width Modulation (PWM) yang disambungkan ke pompa DC melalui driver motor DC untuk memompa tinta dari tandon ke tabung tinta. Pompa DC ini memiliki motor penggerak dengan tegangan maksimal 12 volt. Penggunaan tinta untuk mencetak menjadi gangguan yang akan mempengaruhi level cairan pada tabung tinta. Keadaan ini akan terjadi secara terus menerus hingga level cairan tinta mencapai setpoin titik kerja dari mesin pencetak yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/411/051308464
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 31 Oct 2013 13:22
Last Modified: 21 Oct 2021 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142141
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_LENGKAP_FIX.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_LENGKAP_FIX.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item