Pengaruh Dimensi Saluran Cetakan dan Kecepatan Putar terhadap Kekerasan dan Porositas Aluminium Paduan Al-Mg-Si pada Pengecoran Sentrifugal

Febriyanto, Suryo (2013) Pengaruh Dimensi Saluran Cetakan dan Kecepatan Putar terhadap Kekerasan dan Porositas Aluminium Paduan Al-Mg-Si pada Pengecoran Sentrifugal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai metode dikembangkan untuk mendapatkan produk pengecoran yang lebih baik dari yang sudah ada salah satunya pengecoran sentrifugal. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas benda hasil pengecoran sentrifugal, terutama adalah cacat porositas yang seringkali kita temukan hampir di setiap bagian hasil coran dan sifat mekanik yang dapat mengalami perubahan setelah proses pengecoran. Pada penelitian ini akan melihat pengaruh dimensi saluran cetakan dan kecepatan putar terhadap kekerasan dan porositas aluminium paduan Al-Mg-Si pada pengecoran sentrifugal dengan variasi dimensi saluran cetakan D, 3/4 D dan 1/2 D, dan kecepatan putar 500 rpm, 1000 rpm dan 1500 rpm. Pengujian porositas menggunakan metode piknometri dan pengujian kekerasan menggunakan metode vickers. Dengan variasi dimensi saluran cetakan dan kecepatan putar maka dapat berpengaruh terhadap cacat porositas pada hasil coran. Prosentase porositas terendah terjadi pada kecepatan putar 1500 rpm dengan dimensi saluran cetakan ½ D rata-rata prosentase porositasnya sebesar 0.8766%, sedangkan rata-rata prosentase porositas paling tinggi terjadi pada kecepatan 500 rpm dengan dimensi saluran cetakan D. Hal ini disebabkan semakin tinggi gaya sentrifugal akibat peningkatan kecepatan putar cetakan, menyebabkan terlemparnya logam cair ke dinding cetakan sehingga logam cair akan tertekan ke dinding cetakan, maka struktur butiran menjadi lebih rapat dan padat akibat mendapat tekanan dari gaya sentrifugal tersebut, sehingga udara yang ada dalam logam cair akan terdorong keluar melalui permukan pisah cetakan dan bebas keluar dari logam cair. Selain itu dengan semakin kecil dimensi saluran cetakan maka volume logam cair yang masuk kedalam cetakan saat penuangan akan semakin sedikit sehingga prosentase porositasnya akan semakin menurun. Dari hasil pengujian microvickers hardness tester, nilai kekerasan paling tinggi terjadi pada dimensi saluran cetakan D dan kecepatan 1500 rpm rata-rata nilai kekerasan sebesar 79.36 VHN sedangkan nilai kekerasan terendah terjadi pada kecepatan putar 500 rpm dengan dimensi saluran cetakan ½ D rata-rata nilai kekerasannya sebesar 56.93VHN. Hal ini disebabkan pada kecepatan putar 1500 rpm gaya sentrifugal yang menekan logam dan melempar logam ke dinding cetakan lebih tinggi, maka struktur butiran menjadi lebih rapat dan padat akibat mendapat tekanan dari gaya sentrifugal tersebut sehingga nilai kekerasannya meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/383/051307994
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 01 Nov 2013 14:19
Last Modified: 21 Oct 2021 11:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142112
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item