Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Sebagai Alternatif Pondasi Cincin Pada Pembangunan Tangki Timbun Molase Di Pt Molindo Lawang

Sari, RaizaPermata (2013) Perencanaan Pondasi Tiang Pancang Sebagai Alternatif Pondasi Cincin Pada Pembangunan Tangki Timbun Molase Di Pt Molindo Lawang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konstruksi bangunan memiliki dua bagian. Bagian tersebut meliputi bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas merupakan kunstruksi bangunan dan bagian bawah merupakan pondasi.Pondasi dapat didefinisikan sebagai bangunan bawah dan tanah dan atau batuan disekitarnya yang akan dipengaruhi oleh elemen bangunan bawah dan bebannya (J.E. Bowles,1986). Pondasi sangat penting dalam sebuah struktur karena pondasi adalah bagian dari banguana untuk menyalurkan beban ke tanah. Perancangan pondasi dipengaruhi oleh kondisi tanah, berdasarkan kondisi tanah dan beban yang harus ditanggung. Konstruksi bangunan pada bangunan industri salah satunya adalah tangki timbun. Tangki berfungsi untuk menyimpan bahan industri. Tangki untuk kapasitas besar biasanya terbuat dari plat baja yang disambung dengan las. Tangki berbahan baja karena ketahananya dalam merima beban dan kemudahan dalam mengisntal. Tangki pada PT Molindo berfungsi untuk menimbun etanol dan molase dengan berat jenis 1,4 ton/m². Tangki memiliki diameter 35 m, tinggi 11 m dengan kapasitas 14.600 ton. Kondisi tanah disekitar pondasi didominasi oleh lapisan lanau berlempung. Lapisan ini berseling dengan lapisan lanau berpasir/pasir berlanau dengan kepadatan agak padat (medium). Pada kedalaman 0 – 12 m tanah yang ada berupa lempung berlanau lalu terdapat lapisan lanau berpasir pada kedalaman 12-15 m. Kedalaman dibawah 15m tanah yang ada brupa kondisi lanau berlempung. Lapisan tanah keras terletak di kedalaman lebih dari 30 meter. Berdasarkan teori yang ada daya dukung pada tanah lempung berlanau (kohesif) adalah rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/293/051307569
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Nov 2013 09:27
Last Modified: 21 Oct 2021 10:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142016
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_PERENCANAAN_PONDASI_TIANG_PANCANG_PADA_PEMBANGUNAN_TANGKI_TIMBUN_DI.pdf]
Preview
Text
COVER_PERENCANAAN_PONDASI_TIANG_PANCANG_PADA_PEMBANGUNAN_TANGKI_TIMBUN_DI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item