Pengaruh Laju Pemanasan Terhadap Penurunan Berat Pada Proses dekomposisi Mikroalga Nannochloropsis Oculata Dengan Metode Termogravimetrik,

Auf, Muhamad (2013) Pengaruh Laju Pemanasan Terhadap Penurunan Berat Pada Proses dekomposisi Mikroalga Nannochloropsis Oculata Dengan Metode Termogravimetrik,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persediaan bahan bakar fosil di dunia semakin hari semakin menipis sehingga suatu saat akan habis, sedangkan kebutuhan energi justru semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi baik untuk transportasi maupun industri, mikroalga memiliki kandungan lipid yang tinggi dan dari segi ekonomi yang relatif murah dengan pemanenan yang lebih singkat. Oleh sebab itu perlu diketahui penurunan berat dan laju penurunan berat sehingga bisa mengetahui proses dekomposisi mikroalga nannochloropsis oculata melalui metode uji termogravimetrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laju pemanasan terhadap penurunan berat pada proses dekomposisi mikroalga nannochoropsis oculata dengan metode termogravimetrik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan thermal analyzer STA ST1600 dengan variabel bebas laju pemanasan sebesar 10ºC/menit, 40ºC/menit dan 70ºC/menit, dengan laju aliran udara 100ml/menit. Dari hasil pengujian, diketahui bahwa laju pemanasan berpengaruh pada banyaknya penurunan berat dan laju penurunan berat mikroalga, yang memiliki kecenderungan semakin besar laju pemanasan maka lebih kecil penurunan beratnya, penurunan berat pada laju pemanasan 10ºC/min, 40ºC/min dan 70ºC/min secara urut adalah 14,57 mg, 11,92 mg, dan 10,27 mg. Proses dekomposisi dari mikroalga nannochloropsis oculata terjadi pada tiga tahapan. Dimana penurunan berat pada tahap pertama ini terjadi karena penguapan dari air yang masih terkandung pada mikroalga dan juga hilangnya senyawa volatile ringan, kemudian pada tahap kedua dekomposisi mikroalga nannochloropsis oculata ini merupakan tahap dimana kandungan utama dari mikroalga nannochloropsis oculata berupa lipid terdekomposisi lebih dari 50% massa volatile total, dan di tahap ketiga ini terjadi akibat dekomposisi dari materi karbon dengan laju yang lambat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/284/051306830
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Sep 2013 14:23
Last Modified: 21 Oct 2021 10:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142005
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_1.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item