Studi Pemberian Air Irigasi Berdasarkan Faktor Jarak di Daerah Irigasi Bagong Kabupaten Trenggalek.

MUalifah, ZulmaAninda (2013) Studi Pemberian Air Irigasi Berdasarkan Faktor Jarak di Daerah Irigasi Bagong Kabupaten Trenggalek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dimana swasembada pangan harus tetap di pertahankan dan harus ditingkatkan, karena ketahanan pangan sangat penting dalam proses pembangunan, Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan naiknya tingkat hidup manusia, maka tuntutan untuk memenuhi kebutuhan air semakin meningkat pula. Sebaliknya sumberdaya air semakin hari semakin terbatas. Salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan air untuk pertanian adalah peningkatan efisiensi irigasi. Pada umumnya pengelolaan air di daerah irigasi adalah dengan membagi air yang berbanding lurus dengan luas petak tersier, atau menurut giliran dengan waktu irigasi yang berbanding lurus dengan luas petak tersier. Pada sistim ini potensi di petak tersier yang dekat dengan pintu pengambilan akan lebih baik dibandingkan dengan petak yang jauh dari pintu pengambilan. Tujuan kajian adalah untuk menentukan pengelolaan air pada jaringan irigasi dengan memperhitungkan faktor jarak diharapkan akan lebih menghemat air irigasi jika dibandingkan dengan pengelolaan air tanpa memperhitungkan faktor jarak.Jenis penelitian dalam kajian ini adalah penelitian deskriptif yang merupakan penelitian kasus. Pada prinsipnya proses pelaksanaan studi ini terbagi dalam 3 (tiga) bagian yaitu :Pengumpulan data, Pengolahan data dan Keluaran/output. Kajian ini memperhitungkan kehilangan air disetiap ruas saluran irigasi, yang kemudian diakumulasikan dengan kebutuhan air tanaman di setiap petak tersier sehingga dapat diketahui kebutuhan air di pintu pengambilan utama ( Intake). Berdasarkan kajian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan air berdasarkan faktor jarak dapat menghemat air irigasi sebesar 9.057.078 m 3 pertahun. Pada pola tata tanam yang telah ditetapkan, pemberian air yang memperhitungkan faktor jarak dibandingkan dengan pemberian air tanpa memperhitungkan faktor jarak memberikan penurunan prosentase kekurangan air sebesar 5,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/215/051306298
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2013 14:19
Last Modified: 21 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141935
[thumbnail of 051306298.pdf]
Preview
Text
051306298.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item