Analisis Kondisi Steady-State Dan Dinamik Pada Sistem Kelistrikan PT Badak NGL Bontang-Kalimantan Timur,

Kusumah, DwiIndra (2013) Analisis Kondisi Steady-State Dan Dinamik Pada Sistem Kelistrikan PT Badak NGL Bontang-Kalimantan Timur,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Badak NGL merupakan salah satu industri di bidang pengolahan gas alam cair terbesar di dunia yang tidak lepas dari penggunaan energi listrik dalam menjalankan mesin-mesin industrinya yang mencapai ribuan unit. Energi listrik yang dihasilkan perusahaan ini berasal dari dua (2) unit sistem daya yaitu module-1 dan module-2 dengan total generator sebanyak 15 unit yang bekerja pada level tegangan 13,8 kV, mulai dari generator PG-01 hingga PG-15 (1x5,5 MW dan 14x12,5 MW) dan menghasilkan daya total sebesar 180 MW. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis stabilitas sistem daya pada kondisi awal dan kondisi interkoneksi terhadap gangguan 3 fasa pada bus generator. Analisis stabilitas ini bertujuan untuk mengetahui performa sudut rotor dan frekuensi generator sebelum, selama, dan setelah terjadi gangguan. Selain itu dilakukan juga analisis mengenai pengaruh penggunaan Turbine Governor dan Kontrol Automatic Voltage Regulator ( AVR ) terhadap stabilitas sistem daya dan penentuan waktu pemutusan kritis generator. Setelah melakukan penelitian dan simulasi, maka didapatkan bahwa sistem daya pada saat kondisi awal maupun kondisi interkoneksi adalah stabil. Selain itu, sistem interkoneksi memiliki performa yang lebih baik dibandingkan sistem captive , hal ini dapat diketahui dari lebih cepatnya waktu pemulihan yang dibutuhkan setelah mengalami gangguan. Turbine governor juga memiliki pengaruh terhadap waktu pemulihan yang lebih cepat setelah terjadi gangguan. Simulasi ini menggunakan suatu perangkat lunak khusus.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/212/051306295
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Sep 2013 09:30
Last Modified: 21 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141932
[thumbnail of 1-COVER.pdf]
Preview
Text
1-COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_JANUARI_2013.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_JANUARI_2013.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-5.pdf]
Preview
Text
BAB_1-5.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item