Pengoreksi Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Levenshtein Distance

Dwitiyastuti, RachmaniaNur (2013) Pengoreksi Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Levenshtein Distance. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan komputer, khususnya word processor , sebagai alat bantu dalam penulisan bisa meringankan kerja manusia. Meskipun demikian, kadang masih terjadi kesalahan dalam penggunaan word processor . Kesalahan yang dimaksudkan adalah kesalahan ejaan yang disebabkan oleh kelalaian pengguna. Kesalahan ejaan terjadi jika kata yang dituliskan pengguna tidak tercantum dalam kamus kata Bahasa Indonesia. Penyebab kesalahan ejaan yang umum terjadi antara lain: penggantian satu huruf, penyisipan satu huruf, penghilangan satu huruf, maupun penukaran dua huruf berdekatan. Cara untuk mengatasi terjadinya kesalahan ejaan adalah dengan membuat sistem pengoreksi ejaan. Sistem dimulai dengan memeriksa keberadaan kata dalam kamus, lalu memberikan sugesti untuk kata yang tidak terdapat pada kamus. Metode yang digunakan dalam pemberian sugesti adalah metode Levenshtein Distance , yaitu metode untuk mencari jumlah perbedaan yang terdapat dalam dua buah string . Pengujian dilakukan dengan memasukkan kata-kata secara acak untuk dikoreksi ejaannya. Dari hasil pengujian, sistem bisa menentukan apakah kata-kata tersebut ejaannya benar atau tidak. Dari hasil pengujian pencarian sugesti didapatkan bahwa sistem bisa mendeteksi kesalahan dan memberi sugesti untuk tiap kategori kesalahan ejaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/209/051306292
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Sep 2013 14:26
Last Modified: 21 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141930
[thumbnail of 051306292.pdf]
Preview
Text
051306292.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item