Studi Perencanaan Normalisasi Sungai Cenranae dari Jembatan Tampangeng Di kota Sengkang Hingga

Huda, Yaumil (2013) Studi Perencanaan Normalisasi Sungai Cenranae dari Jembatan Tampangeng Di kota Sengkang Hingga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banjir besar yang terjadi setiap tahun akibat meluapnya Sungai Cenranae mengakibatkan kerusakan sarana fasilitas umum, kebun, sawah dan daerah pemukimam terutama jalan propinsi. Tinggi rata-rata genangan adalah kurang dari 1 meter. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah kapasitas Sungai Cenranae pada kondisi eksisting tidak mampu menampung Q10th sehingga menjadi penyebab banjir. Upaya penanggulangan banjir direncanakan menggunakan perbaikan penampang sungai atau normalisasi dan pembuatan tanggul. Analisa profil aliran dilakukan dengan menggunakan paket program HEC-RAS Version 4.0. Upaya penanggulangan banjir yang dilakukan tidak hanya untuk mengatasi banjir tahunan tetapi direncanakan pula untuk mengatasi banjir yang terjadi dengan kala ulang 10 tahun sesuai dengan standar kriteria perencanaan perbaikan sungai. Pembuatan tanggul sungai direncanakan apabila setelah adanya pelebaran penampang sungai masih ada air sungai yang meluap pada Q10Th. Untuk mengetahui apakah dimensi tanggul yang direncanakan aman, maka diperlukan suatu perhitungan kestabilan lereng. Dalam kajian ini perhitungan stabilitas lereng tanggul menggunakan program Geoslope Student Version. Dengan adanya upaya penanggulangan banjir berupa pembuatan tanggul setinggi (hair + tinggi jagaan), kemiringan lereng 1:1,5, serta kemiringan memanjang tanggul disesuaikan dengan kemiringan dinamis, maka dari hasil running program HEC-RAS Version 4.0 dapat diketahui Sungai Cenranae mampu menampung debit banjir dengan kala ulang 10 tahun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/123/051304824
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Jun 2013 10:06
Last Modified: 21 Oct 2021 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141837
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item