Aplikasi Text To Speech Bahasa Indonesia Dengan Prosodi Berdasarkan Jenis Kalimat

Putra,BrianQaediLaksono (2012) Aplikasi Text To Speech Bahasa Indonesia Dengan Prosodi Berdasarkan Jenis Kalimat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju membuat banyak hal yang biasa dilakukan manusia kini beralih menjadi computerized . Salah satu aplikasi yang dibutuhkan yaitu sistem Text to Speech yang dapat mempermudah pekerjaan manusia untuk dapat menghasilkan suara tanpa harus berbicara secara langsung. Text to Speech Synthesis System adalah sebuah konverter tulisan menjadi sebuah ucapan/audio ( spoken language ) yang bisa di dengar oleh user . Proses untuk membuat Text to Speech Synthesis System ini terdapat tiga tahap,yaitu pre-text processing, pemberian prosodi dan concatenation (perangkaian). Prosodi adalah perubahan nilai pitch selama pengucapan kalimat. Prosodi diperlukan agar sinyal suara dapat terdengar secara natural seperti suara manusia Skripsi ini membahas tentang bagaimana cara untuk memberikan prosodi kalimat berita, kalimat tanya dan kalimat perintah pada sinyal suara keluaran . Pengubahan tersebut dilakukan dengan mengubah pitch dari sinyal suara. Tentu saja untuk teks Bahasa Indonesia harus dilakukan sesuai dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sedangkan database suara akan digunakan database fonem yang berukuran kebih kecil dibanding database kata. Fonem tersebut kemudian akan dirangkai dan dibangkitkan untuk menghasilkan sinyal suara. Oleh karena itu skripsi ini akan menggunakan beberapa algoritma untuk melakukan segmentasi kata dan pemenggalan suku kata. Sedangkan untuk pembangkitan prosodi akan dilakukan dengan synthesizer MBROLA yang dikembangkan oleh Polytechnique de Mons, Belgia dan dapat digunakan secara gratis. Dan untuk database diphone Bahasa Indonesia menggunakan milik bapak Arry Akhmad Arman. Hasil dari proses aplikasi ini sinyal suara yang mempunyai prosodi berdasarkan jenis kalimatnya dengan dilengkapi oleh hasil dari segmentasi teks yang telah dilakukan. Segmentasi teks dilakukan sesuai dengan teks yang ditulis oleh user .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/84/051201064
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Aug 2012 09:57
Last Modified: 21 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141798
[thumbnail of 051201064.pdf]
Preview
Text
051201064.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item