Alat Pengukur Ketinggian Pohon Berbasis Sensor Accelerometer Sebagai Alat Inventarisasi Sumber Daya Hutan

Andrianto,Ari (2012) Alat Pengukur Ketinggian Pohon Berbasis Sensor Accelerometer Sebagai Alat Inventarisasi Sumber Daya Hutan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tinggi pohon merupakan salah satu karakteristik pohon yang mempunyai arti penting dalam penentuan hasil hutan. Data tinggi pohon dapat digunakan dalam penentuan volume pohon, kualitas tempat tumbuh suatu tegakan berdasarkan hubungan antara umur dengan tinggi pohon tersebut, serta untuk menggambarkan struktur kelas ketinggian tajuk. Alat ukur tinggi yang digunakan saat ini masih menggunakan alat yang manual. Untuk alat yang lebih bagus, saat ini harganya masih sangat mahal sehingga alat ukur manual masih digunakan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merancang sebuah alat pengukur tinggi pohon dengan menggunakan prinsip trigonometri berbasis mikrokontroler. Pengukuran sudut pada alat ini menggunakan sensor accelerometer memsic 2125, sedangkan pengukuran jarak dimasukkan melalui keypad . Hasil pengujian sensor accelerometer memsic 2125 persentase kesalahan terbesar adalah 4% sedangkan kesalahan rata-rata adalah 0,507%. Dari hasil uji t diperoleh Nilai rata-rata data-data tinggi hasil pengukuran mendekati nilai rata-rata tinggi acuan. Hal ini menunjukkan nilai masing-masing data hasil pengukuran mendekati nilai data acuan. Korelasi antara data tinggi acuan dan data-data hasil pengukuran sebesar +1 untuk jarak pengukuran 5m dan 10m, dan sebesar +0.999 untuk jarak pengukuran 20m. Artinya, data-data hasil pengukuran menunjukkan kekuatan ( strength ) hubungan linear dan arah hubungan terhadap data tinggi acuan. Dari pengujian hipotesis menggunakan signifikansi diperoleh bahwa kedua rata-rata populasi adalah identik (rata-rata populasi tinggi terukur dan tinggi pengukuran adalah sama/tidak berbeda secara nyata). Hal ini menunjukkan bahwa alat dapat bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/83/051201063
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Aug 2012 10:04
Last Modified: 21 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141797
[thumbnail of 051201063.pdf]
Preview
Text
051201063.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item