Evaluasi Perencanaan Geometrik dan Perkerasan Jalan Lingkar Barat Kota Kepanjen

Hepa, DiktiaM (2013) Evaluasi Perencanaan Geometrik dan Perkerasan Jalan Lingkar Barat Kota Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Kepanjen memiliki peranan cukup penting dalam melayani pergerakan lalu lintas dari Kabupaten Malang dengan kota-kota lain di bagian selatan Propinsi Jawa Timur seperti Blitar, Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya. Selain itu, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2008 telah ditetapkan bahwa ibu kota Kabupaten Malang yang awalnya berada di wilayah Kota Malang berpindah ke Kota Kepanjen. Perkembangan perekonomian Kota Kepanjen dan perubahan fungsi kota diperkirakan akan meningkatkan aktivitas dan pergerakan di wilayah ini. Percampuran pergerakan antar kota dengan pergerakan dalam kota dapat menimbulkan permasalahan transportasi, antara lain kemacetan lalu lintas. Untuk itu kendaraan berat yang tujuan akhirnya bukan Kota Kepanjen harus dipisahkan dari arus lalu lintas perkotaan supaya tidak terjadi percampuran pergerakan antar kota dan pergerakan dalam kota dengan membangun Jalan Lingkar Barat. Akan tetapi, dalam pelaksanaan pembangunannya, diindikasikan terdapat alinyemen yang kurang nyaman. Hal ini menunjukkan adanya kemungkinan kesalahan dalam pelaksanaan atau perencanaannya. Sehingga diperlukan adanya evaluasi. Evaluasi geometrik dilakukan dengan Metode Analisis Bina Marga : Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (1997). Sedangkan untuk analisis perkerasan menggunakan Pt T-01-2002-B Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur, accuan : AASHTO Guide for Design of Pavement Structure (1993). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat satu lengkung vertikal dan satu kelandaian di STA 2+215 – STA 2+565.23 yang tidak sesuai dengan standar perencanaan. Sedangkan pada alinyemen horizontal diperlukan overlay atau penebalan perkerasan ( aspal ) demi mendapatkan kemiringan melintang jalan yang sesuai dengan standart perencanaan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/548/051205553
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Jan 2013 11:01
Last Modified: 30 Jan 2013 11:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141701
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item