Pengontrolan Aileron Sebagai Rolling Stabilizer Pada Pesawat Model Dengan Menggunakan Sensor Gyroscope

Oktomario, Aditia (2012) Pengontrolan Aileron Sebagai Rolling Stabilizer Pada Pesawat Model Dengan Menggunakan Sensor Gyroscope. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesawat model adalah salah satu bentuk dari aktivitas aeromodelling di Indonesia di mana mempunyai tahapan-tahapan yang berupa perencanaan, perancangan, pembuatan, dan penerbangan. Agar dapat terbang dengan baik pesawat model harus memiliki keseimbangan yang baik pula. Oleh karena itu pada skripsi ini saya membahas bagaimana cara agar pesawat model dapat terbang stabil ketika terbang dengan bantuan sensor gyroscope dan PID sebagai kontroler. Stabil ditekankan pada gerak rolling (memutar) pada pesawat model dengan cara menggerakkan aileron pesawat model. Pengujian dilakukan dengan cara melihat respon keseluruhan secara statik. Hasil dari pengujian didapatkan bahwa semakin besar sudut gangguan yang diberikan semakin besar pula sudut aileron yang dihasilkan, dengan Kp = 60%, Ki = 60%, Kd= 20% dengan menggunakan tuning potensiometer yang terdapat pada board KKMulticopter dan memiliki error sebesar 3,33%. Hal tersebut menunjukkan sensor gyroscope berfungsi dalam pengaturan keseimbangan pesawat model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/524/051204725
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2012 09:42
Last Modified: 20 Oct 2021 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141678
[thumbnail of Makalah_Skripsi_Aditia_Oktomario.pdf]
Preview
Text
Makalah_Skripsi_Aditia_Oktomario.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item