Pola Tata Ruang Rumah Tradisional Tanean Lanjang pada Masyarakat Pandhalungan di Jember (studi kasus permukiman di desa Sukokerto kecamatan Sukowono)

Hendriawan, AnggaVeryKukuh (2012) Pola Tata Ruang Rumah Tradisional Tanean Lanjang pada Masyarakat Pandhalungan di Jember (studi kasus permukiman di desa Sukokerto kecamatan Sukowono). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Arsitektur tradisional sebagai salah satu warisan kearifan budaya lokal, keberadaannya sangat mencerminkan bagaimana pola hidup keseharian masyarakatnya yang didasarkan pada nilai-nilai luhur budaya dan dipakai secara turun temurun oleh suatu kelompok masyarakat dalam mengatur pola prilaku hidupnya. Berbicara akulturasi budaya sebagai wujud dinamika budaya, masuknya nilai-nilai baru ke dalam suatu komunitas masyarakat berbudaya, berdampak pada sistem nilai yang telah dianut sebelumnya. didalamnya terjadi proses adaptasi atau penyalarasan antara nilai-nilai baru dan lama. Munculnya budaya Pandhalungan merupakan salah satu wujud akulturasi budaya yang dapat ditemui pada wilayah tapal kuda di Jawa Timur. Rumah tanean lanjang sebagai salah satu bentuk arsitektur tradisional masyarakat Madura, ternyata ditemui pula pada masyarakat pandhalungan dalam hal ini di kabupaten Jember. Pola tata ruang rumah yang unik dan berbeda dengan rumah tanean lanjang di wilayah Madura menjadi fokus permasalahan untuk ditelaah dan dideskripsikan dalam penelitian ini. Dari hasil survei di lapangan, diperoleh 8 rumah sebagai sampel penelitian. Adapun aspek-aspek yang diamati meliputi variabel pola tata ruang, diantaranya fungsi ruang, hubungan ruang, orientasi, pola pencapaian(posisi akses masuk), dan hierarki ruang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif. Metode kualitatif dalam penelitian ini digunakan pada saat proses pengumpulan data, baik berupa dokumen maupun data atau catatan yang didapatkan dari survei lapangan. Sedangkan metode deskriptif digunakan pada proses identifikasi, klasifikasi terhadap rumah tradisional tanean lanjang di desa Sukokerto, Sukowono sampai pada proses analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah ditemukan 8 pola tata ruang rumah tradisional tanean lanjang yang dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi yang diwadahi, arah orientasi rumah, pola pencapaian dalam hal ini posisi akses masuk ke tanean.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/520/051204542
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Nov 2012 09:26
Last Modified: 30 Nov 2012 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141674
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item