Performansi Mobile Phone Jammer Pada Jaringan Code Division Multiple Access (Cdma) Di Ruangan Tertutup

K, BimoYudo (2012) Performansi Mobile Phone Jammer Pada Jaringan Code Division Multiple Access (Cdma) Di Ruangan Tertutup. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan alat komunikasi pada beberapa tempat dapat merugikan banyak orang, sebagai contoh pada tempat ibadah dan ruang rapat. Hal dapat dicegah dengan menggunakan alat yang disebut mobile phone jammer. Penggunaan Mobile Phone Jammer dapat membungkan sinyal mobile station (CDMA dan GSM) baik uplink maupun downlink demgam cara kerja mobile phone jammer mengeluarkan sinyal dengan frekuensi yang sama dengan mobile station akan tetapi daya yang dipancarkan lebih besar. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai penempatan lokasi mobile phone jammer dalam ruangan. Dengan dua parameter yaitu dengan ruang terdapat repeater dan ruang tanpa terdapat repeater. Dalam pengambilan data primer, metode yang dilakukan adalah metode pengambilan data menggunakan spectrum analyzer dan metode walktest . Pada pengukuran menggunakan metode walktest, perangkat lunak yang digunakan adalah TEMS Investigation 8.0.3 sebagai pengambilan data yang berupa parameter kualitas sinyal (Ec/Io, FFER, RSSI, TxPo, dan TxGA) dan MapInfo sebagai pengolahan logfile hasil dari TEMS Investigation yang dapat menunjukan jarak jangkau maksimal dimana mobile station terkena jamming. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan dengan metode pengambilan menggunakan spectrum analyzer, daya mobile phone jammer memiliki daya -74,6 dB dan dengan menggunakan perhitungan matematis didapatkan jarak jangkau 43 m. Pada pengukuran menggunakan metode walktest, parameter pertama yang dipilih adalah lokasi tanpa repeater yang didapatkan jarak jangkauan maksimal jammer sebesar 17 meter dan dengan daya jammer efektif sebesar -62,9 dB. Sedangkan pada parameter lokasi yang terdapat repeater jarak jangkau maksimal jammer yang didapatkan adalah 10 meter dan daya jammer efektif sebesar 60,2 dB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/486/051204508
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2012 09:03
Last Modified: 20 Oct 2021 08:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141637
[thumbnail of Bimo_Yudo.pdf]
Preview
Text
Bimo_Yudo.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item