Pengaruh Variasi Jumlah Layer Pengelasan terhadap Kekuatan Tarik Hasil Las Dissimilar Metal Baja ST 37 dengan Baja SUS 304

Askha, SeptyanNasional (2012) Pengaruh Variasi Jumlah Layer Pengelasan terhadap Kekuatan Tarik Hasil Las Dissimilar Metal Baja ST 37 dengan Baja SUS 304. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelasan dissimilar metal merupakan pengelasan dua logam tidak sejenis yang bertujuan untuk mendapatkan performance maksimal dari kedua jenis logam. Saat ini penyatuan logam yang berbeda sangat penting dan dibutuhkan, terutama pada industri manufaktur, alat-alat perlengkapan, konstruksi dan permesinan. Produk yang menuntut untuk berbeda jenis logam yang akan disambung adalah pada konstruksi dinding gerbong kereta api yang menggunakan logam jenis JIS SUS 304 dan rangka yang menggunakan logam SS 400. Penelitian ini dilakukan di PPPPTK VEDC Malang untuk proses pengelasan, Laboratorium Struktur Teknik Sipil Universitas Brawijaya Malang Untuk proses uji tarik, dan Laboratorium Pengujian Bahan Teknik Mesin Universitas Brawijaya Malang untuk melakukan uji mikrostruktur dan foto makro patahan spesimen hasil uji tarik. Pengelasan dilakukan menggunakan las TIG dengan arus las sebesar 100 A, tegangan 380 V, dan laju gas Argon 0,5 L/menit. Filler metal yang digunakan adalah jenis filler stainless steel tipe ER 308 L dengan diameter 2,4 mm. Variabel bebas pada penelitian ini adalah jumlah layer pengelasan yaitu sebesar 4 layer, 5 layer, 6 layer, 7 layer dan 8 layer, sedangkan variabel terikatnya adalah kekuatan tarik hasil lasan yang didapatkan melalui pengujian tarik spesimen hasil lasan untuk mendapatkan beban ultimate masing-masing spesimen dan kemudian dilakukan perhitungan kekuatan tariknya. Pengujian dilakukan pada masing-masing variasi jumlah layer pengelasan dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Data yang diambil berupa beban ultimate, kekuatan tarik dan regangan yang terjadi pada spesimen. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan kekuatan tarik terbesar terjadi pada layer tertinggi dengan kekuatan tarik rata-rata sebesar 465,33 N/mm2dengan nilai regangan rata-rata sebesar 8,40%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/449/051202889
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Nov 2012 08:56
Last Modified: 20 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141600
[thumbnail of Septyan_Nasional_Askha_Skripsi_Full.pdf]
Preview
Text
Septyan_Nasional_Askha_Skripsi_Full.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item