Evaluasi Kerusakan Jalan Dan Perencanaan Overlay Pada Ruas Jalan Lumajang Senduro

A, MaizaSalman (2012) Evaluasi Kerusakan Jalan Dan Perencanaan Overlay Pada Ruas Jalan Lumajang Senduro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengapa perlu evaluasi perkerasan jalan. Karena dengan evaluasi jalan bisa meningkatkan kondisi jalan yang rusak menjadi lebih baik. Kerusakan jalan disebabkan karena akibat beban lalu lintas yang melintasi jalan melebihi dari beban yang direncanakan dalam pelaksanaan pembangunan jalan sehingga jalan dalam kondisi rusak. Dalam perencanaan overlay dan evaluasi kerusakan jalan mengacu pada Peraturan Analisa Defleksi Pd T-05-2005-B. Dalam Hal ini Perencanaan Overlay dan evaluasi kerusakan jalan menggunakan dua metode yaitu Metode PCI ( Pvement Condition Index ) dan Metode Lendutan (Benkelman Beam ). Penggunaan Benkelman Beam sebagai alat untuk mengukur lendutan perkerasan lentur yang mana lendutan tersebut untuk mencari berapa tebal lapis tambah ( overlay ) yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan jalan . Sedangkan PCI untuk mencari tingkatan kerusakan yang dialami jalan akibat menerima beban lalu lintas yang melebihi kapasitas.Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan mendapatkan metode lebih praktis, sederhana, dan efisien untuk perencanaan penanganan jalan dengan mencari hubungan antara hasil pengujian lendutan dan hasil pengukuran kondisi permukaan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan jalan dan mengetahui berapa ketebalan overlay di ruas jalan Lumajang- senduro( Klojen – Senduro dan Purwosono- Sarikemuning) dengan menggunakan metode PCI dan Benkelman Beam sebagai acuan dalam melaksanaan pekerjaan ini.. Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Klojen – Senduro dan ruas Jalan Purwosono - Sarikemuning di Kabupaten Lumajang, dimana ruas jalan dibagi menjadi beberapa segmen, kemudian untuk tiap segmen tersebut dilakukan survei penilaian dan pengukuran kondisi jalan kemudian juga dilakukan pengujian lendutan balik pada titik tengah segmen tersebut. Dari survai tersebut didapatkan tingkat kondisi jalan eksisting dan nilai lendutan balik pada segmen tersebut, selanjutnya nilai lendutan yang diperoleh diolah untuk menentukan tebal overlay yang dibutuhkan yakni antara 7 – 9 cm

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/356/051202790
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Nov 2012 14:12
Last Modified: 20 Oct 2021 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141511
[thumbnail of LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAKdu.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKdu.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_dan_II.pdf]
Preview
Text
BAB_I_dan_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III-BB_2104.pdf]
Preview
Text
BAB_III-BB_2104.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_29juli2012_alternatif_2.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_29juli2012_alternatif_2.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_New.pdf]
Preview
Text
BAB_V_New.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item