Pemodelan Dinamis Kapasitas Jalan Pada Kawasan Alun-alun Kota Malang

PasaNW, Taufan (2012) Pemodelan Dinamis Kapasitas Jalan Pada Kawasan Alun-alun Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alun-alun Kota Malang sebagai Central Bussines District (CBD) menjadikan kawasan ini sebagai pusat pergerakan di Kota Malang. Penumpukan pergerakan yang memusat di Alun-alun Kota malang membuat kawasan ini menerima beban arus lalu lintas yang tinggi sehingga sering ditemui kemacetan yang terjadi pada saat-saat jam puncak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas dan tingkat pelayanan jalan pada Kawasan Alun-alun Kota Malang, serta memodelkannya dalam bentuk model dinamis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pada Kawasan Alun-alun Kota Malang terdapat enam jalan yang memiliki 4 buah lajur dengan nilai kapasitas dasar 6000 smp/jam dan terdapat 18 jalan yang memiliki dua buah lajur dengan nilai kapasitas dasar 2900 smp/jam. Beberapa jalan di kawasan Alun-alun kota malang mengalami pengurangan lebar efektif jalan dikarenakan parkir on street dan pedagang kaki lima. Jalan–jalan di Kawasan Alun–alun Kota Malang memiliki hambatan samping dari kategori sedang hingga tinggi. Dari hasil analisa pada model STELLA diketahui jika dari proyeksi volume lalu lintas hingga tahun 2030, jalan yang masih memiliki tingkat pelayanan jalan normal (LOS A-C) adalah Jalan Kopral Usman, Jalan Merdeka Barat, dan Jalan Merdeka Selatan. Dari hasil analisis sensitivitas dengan merubah nilai parameter pada lebar efektif jalan (Fcw) nilai tingkat pelayanan jalan mengalami penurunan sebesar 27%. Untuk analisis sensitivitas dengan merubah nilai parameter hambatan samping (FCsf) nilai tingkat pelayanan jalan mengalami penurunan sebesar 11% dibandingkan dengan nilai tingkat pelayanan eksisting. Dapat disimpulkan jika nilai parameter yang memiliki pengaruh terbesar terhadap nilai tingkat pelayanan jalan (LOS) adalah variabel lebar efektif jalan (Fcw), karena dapat memberikan penurunan nilai tingkat pelayanan terbesar yaitu sebesar 27%. Sehingga solusi yang terbaik untuk meningkatkan tingkat pelayanan jalan pada Kawasan Alun-alun Kota malang yaitu dengan menjaga agar tidak terjadi pengurangan lebar efektif jalan supaya kapasitas jalan pada Kawasan Alun-alun Kota Malang dalam kondisi yang terbaik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/315/051202750
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2012 15:01
Last Modified: 20 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141472
[thumbnail of Cover_dan_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Cover_dan_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_.pdf]
Preview
Text
BAB_III_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Dapus.pdf]
Preview
Text
Dapus.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item