Pengaruh Variasi Diameter dan Jarak Antar Pile Sebagai Perkuatan Tanah Pada Pemodelan Fisik Stabilitas Lereng Tanah Pasir DR 88%

Soenaidy, Yonas (2012) Pengaruh Variasi Diameter dan Jarak Antar Pile Sebagai Perkuatan Tanah Pada Pemodelan Fisik Stabilitas Lereng Tanah Pasir DR 88%. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

baru-baru ini sering terjadinya tanah longsor pada daerah lereng apalagi ketika musim penghujan. Untuk mengatasi kelongsoran seperti itu, agar dapat ditanggulangi digunakan sistem perkuatan lereng dengan pemasangan dan pemancangan pile (tiang) mini untuk meningkatkan stabilitas lereng sehingga kelongsoran pada lereng. Sistem perkuatan lereng dilakukan dengan memancang pile pada lereng. Pile berfungsi sebagai elemen pengekang dan penahan gaya lateral. Pile mereduksi gaya lateral melalui transfer penahan gaya lateral ke pile dalam ukuran tertentu yang dipasang dengan jarak tertentu pada lereng. Dalam hal ini menggunakan box benda uji sebagai tempat pemodelan lereng, lereng yang akan dibuat dibagi menjadi tujuh lapisan dengan tebal per lapisan 10 cm, hal ini dimaksud kan untuk mengontrol kepadatan yang terjadi, pemasangan pile pada posisi tengah atas dengan panjang 40 cm sebagai variable tetap serta menggunakan variasi diameter dan jarak antar pile sebagai variable pembanding, untuk pembebanan digunakan pondasi menerus dengan lebar 10 cm. Untuk alat-alat pembacaan yang akan digunakan adalah yang pertama dial gauge di pasang pada pondasi untuk mengontrol penurunan yang terjadi, kedua strain gauge yang dipasang pada pile untuk mengontrol tegangan dan regangan yang terjadi, satu buah LVDT yang dipasang di kepala pile yang posisinya ditengah untuk mengkontrol pergeseran arah horizontal yang terjadi. Pada penelitian ini dilakukan pemasangan pile dengan variasi diameter dan jarak antar yang bertujuan untuk mencari kombinasi yang paling baik untuk pemasangan pile. Diameter pile yang paling baik adalah ukuran 3,175 cm, karena dapat menahan beban beban runtuh paling tinggi. Pemasangan pile yang optimum dengan jarak antar 7,5 cm. Kombinasi dari diameter dan jarak antar tersebut mampu menahan beban maksimum sebesar 0,644 kg/cm2. Peningkatan nilai safety factor (SF) diperoleh dengan bantuan software PLAXIS 2D. Hasil SF yang didapat untuk kombinasi diameter dan jarak tersebut sebesar 0,738 dengan menahan beban 36 kN (beban distribusi A dari input PLAXIS). Rasio peningkatan SF dari tanpa perkuatan hingga kombinasi pile optimum sebesar 23 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/287/051202722
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Nov 2012 14:05
Last Modified: 20 Oct 2021 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141445
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item