Pengaruh Karakteristik Pertanian terhadap Motivasi Masyarakat Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kecamatan Gondanglegi.

Faradiba, ChyntiaDwi (2012) Pengaruh Karakteristik Pertanian terhadap Motivasi Masyarakat Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kecamatan Gondanglegi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan pertanian merupakan hal yang penting di pedesaan karena penduduk pedesaan banyak yang menggantungkan kehidupannya di sektor ini. Potensi pertanian yang besar dipedesaan seharusnya dapat memberikan penghidupan yang lebih layak bagi masyarakat pedesaan khususnya petani. Hal ini menyebabkan adanya pergeseran tenga kerja dari sektor pertanian ke sektor non-pertanian. Kecamatan Gondanglegi mempunyai potensi pertanian yaitu luas lahan pertanian yang terdiri dari 49% pertanian sawah dan 21% lahan kebun. Namun hingga tahun 2010 jumlah penduduk yang menjadi TKI mencapai 258 6jiwa. Kecamatan Gondanglegi merupakan kecamatan dengan penyumbang TKI terbanyak di Kabupaten Malang. Potensi pertanian yang besar seharusnya dapat menciptakan pekerjaan yang layak bagi penduduk tanpa harus menjadi TKI. Banyaknya penduduk yang menjadi TKI menunjukkan adanya kegagalan pembangunan pertanian di pedesaan yang menyebabkan terjadi pergeseran tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari karaktersitik pertanian berdasarkan variabel lahan, SDM, produktivitas, pendapatan terhadap motivasi masyarakat menjadi TKI. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif terhadap karakteristik pertanian serta analisis regrsei linier berganda untuk mengetahui pengaruh karaktersitik pertanian terhadap motivasi masyarakat menjadi TKI. Setelah hasil analisis regresi diketahui, dilakukan analisis evaluatif yang membandingkan antara hasil analisis karakteristik pertanian dengan hasil analisis regresi melalui analisis spasial untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh dari setiap variabel. Karakteristik pertanian di Kecamatan Gondanglegi berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi masyarakat menjadi TKI. Namun secara parsial variabel pendapatan mempunyai pengaruh artinya semakin rendah pendapatan di sektor pertanian semakin besar motivasi masyarakat menjadi TKI. Pendapatan yang rendah antara lain disebabkan oleh alur pemasaran yang tergantung kepada pabrik dan belum adanya pengolahan hasil pertanian menyebabkan pendapatan petani sulit untuk mengalami peningkatan. Untuk meningkatkan pendapatan di sektor pertanian, hal yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan industri pengolahan hasil pertanian serta memanfaatkan bagian dari tanaman yang selama ini tidak dimanfaatkan untuk diolah menjadi barang yang mempunyai nilai jual. Selain dapat meningkatakan pendapatan petani, kegiatan industri pengolahan akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat khususnya untuk buruh tani yang mempunyai tingkat pendapatan yang rendah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/275/051202700
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Nov 2012 17:08
Last Modified: 20 Oct 2021 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141432
[thumbnail of 051202700.pdf]
Preview
Text
051202700.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item