Implementasi Sensor Warna Tcs 230 Pada Robot Humanoid Krsi Sebagai Mode Tarian Di Arena Perlombaan

Rahman, IrfanHabibur (2012) Implementasi Sensor Warna Tcs 230 Pada Robot Humanoid Krsi Sebagai Mode Tarian Di Arena Perlombaan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) merupakan suatu ajang kompetisi perancangan dan pembuatan robot yang disertai dengan unsur-unsur seni dan budaya yang telah ada di Indonsia. Tujuan dari kontes robot ini adalah unuk menumbuh kembangkan kreatifitas dan minat para mahasiswa dalam teknologi maju.Robot penari ini harus mampu berjalan pada arena perlombaan yang telah ditentukan. Tema tarian untuk tahun ini adalah “Robot Humanoid Penari Piring”. Untuk membuat robot ini menari dibutuhkan suatu sistem tangan yang terdiri dari beberapa motor servo. Untuk mendeteksi daerah robot berada di arena perlombaan dibutuhkan sensor warna TCS 230 yang dapat mengetahui warna zona robot dan jenis gerakan tarian. Dengan penggunaan mikrokontroller yang dapat digunakan untuk mengatur putaran sudut motor servo maka didapatkan gerakan dari tangan robot sesuai dengan yang diinginkan. Gerakan tarian yang digunakan dalam robot ini adalah gerakan sembah pembuka, menyemai benih, maalow beruang, mamipih dan sembah panutuik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan sensor warna TCS 230 sebagai pendeteksi warna zona robot berada dan penentu gerakan tarian dapat bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/270/051202695
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:27
Last Modified: 20 Oct 2021 06:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141427
[thumbnail of Makalah_Sikripsi.pdf]
Preview
Text
Makalah_Sikripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item