Peningkatan Kinerja Operasional Trans Hulonthalangi Kota Gorontalo

Ngadi,RiaOktavia (2012) Peningkatan Kinerja Operasional Trans Hulonthalangi Kota Gorontalo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Trans Hulonthalangi merupakan angkutan umum massal yang mulai diuji cobakan pada tanggal 8 Maret 2010 di Kota Gorontalo. Angkutan ini masih belum mempunyai lintasan khusus yang tidak bercampur dengan kendaraan lainnya dan memiliki tingkat kenyamanan, keamanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan angkutan umum lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik masyarakat Kota Gorontalo, kinerja operasional Trans Hulonthalangi, persepsi penumpang Trans Hulonthalangi, serta arahan perbaikan untuk meningkatkan kinerja operasional Trans Hulonthalangi. Data primer didapatkan dari membagikan kuisioner kepada masyarakat Kota Gorontalo dengan jumlah sampel 100 responden. Adapun metode pengambilan sampel adalah random sampling . Data primer tersebut diolah dengan analisis deskriptif untuk mengindentifikasi karakteristik masyarakat di Kota Gorontalo, analisis evaluatif untuk mengevaluasi kinerja pelayanan Trans Hulonthalangi, dan analisis IPA untuk mengetahui persepsi penumpang Trans Hulonthalangi. Analisis deskriptif terhadap karakteristik masyarakat didapatkan dari total responden 100 orang terhadap usia masyarakat umum didapatkan bahwa usia 30-40 tahun mendominasi responden sebanyak 28%. Jenis kelamin laki-laki mendominasi responden sebanyak 51%. PNS mendominasi responden sebanyak 29%. Pendapatan dibawah 2-3 juta mendominasi responden sebanyak 24%. Jumlah kendaraan pribadi yang dimiliki (mobil) sebanyak 1 mendominasi responden sebanyak 42%. Jumlah kendaraan pribadi yang dimiliki (motor) sebanyak 1 mendominasi responden sebanyak 45%. Tamatan PT (Perguruan Tinggi) mendominasi responden sebanyak 37%. Frekuensi pergerakan tiap hari mendominasi responden sebanyak 60%. Tujuan bekerja mendominasi responden sebanyak 31%. Waktu perjalanan kurang dari 30 menit mendominasi responden sebanyak 58%. Jarak asal tujuan <5 km mendominasi responden sebanyak 43%. Kali berganti kendaraan sebanyak 1 kali mendominasi responden sebanyak 79%. Alasan pemilihan moda karena waktu perjalanan cepat dan waktu menunggu cepat mendominasi responden sebanyak masing-masing

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/228/051202147
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2012 10:05
Last Modified: 20 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141379
[thumbnail of COVER_SIDANG.pdf]
Preview
Text
COVER_SIDANG.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item