Aji, MuhammadRifkyBayu (2012) Perancangan Aplikasi Evaluasi Supplier Dengan Vendor Performance Indicator (VPI) Berkerangka QCDFR (Studi Kasus di Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries, Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. WIM Cycle Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi sepeda dalam jumlah yang cukup besar, dimana dalam produksinya tersebut membutuh pasokan pipa steel yang cukup besar didalamnya. Pada realisasinya, kinerja supplier pada PT. WIM Cycle masih belum dapat dikatakan memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya penyimpangan-penyimpangan dalam banyak hal, seperti adanya keterlambatan bahan baku yang datang, masih kurangnya kualitas bahan baku yang telah didatangkan, dan masih banyak hal lainnya. PT. WIM Cycle pun belum menerapkan sebuah metode evaluasi supplier yang baik pada supplier-suppliernya. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu sistem evaluasi supplier yang baru serta merealisasikannya dalam bentuk aplikasi komputer. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode pembentukan VPI berkerangka Quality, Cost, Delivery, Flexibility, and Responsiveness. Langkah awal dari penelitian ini adalah mengidentifikasi VPI-VPI yang terkait melalui langkah kuisioner. Dari VPI yang tebentuk dilakukan kuisioner pembobotan dan diolah melalui AHP. Kemudian dilakukan scoring system dengan menggunakan metode OMAX terhadap masing-masing KPI lalu dilakukan evaluasi dengan Traffic Light System. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuk 15 VPI sebagai indikator yang berpengaruh pada supplier - supplier pipa steel yang terdapat pada PT. Wim Cycle yang dimana terdapat dua supplier yaitu PT. Naga Baru dan CV. Jaya Logam, dimana 5 VPI pada kerangka quality (persentase ketepatan ketebalan, tingkat kehalusan, tingkat karat, pemotongan, dan panjang pipa steel sesuai dengan spesifikasi) 3 kerangka cost (Harga pipa steel, biaya pengiriman, biaya pemesanan), 2 kerangka delivery (Persentase ketepatan kuantitas dan kualitas pemesanan), 2 kerangka flexibility (Persentase pemenuhan perubahan jumlah dan jadwal pengiriman), dan 3 kerangka responsiveness (Persentase supplier merespon masalah, perubahan jumlah order, dan perubahan jadwal order). Setelah dilakukan pengukuran kinerja dengan metode OMAX, maka diperoleh total kinerja untuk PT. Naga Baru sebesar 7,721 dengan 5 VPI dalam kategori kuning, yaitu biaya pengiriman, biaya pemesanan, persentase pengiriman tepat waktu, persentase pemenuhan perubahan jadwal pemesanan, dan persentase respon supplier terhadap masalah yang ada. Sedangkan pada CV. Jaya Logam sebesar 6,839 dengan 5 VPI kategori kuning yaitu biaya pengiriman, biaya pemesanan, persentase pengiriman tepat waktu, persentase pemenuhan perubahan jumlah pemesanan, dan persentase pemenuhan perubahan jadwal pemesanan, serta 3 VPI kategori merah yaitu persentase respon supplier terhadap masalah yang ada, persentase respon perubahan jumlah order, dan persentase perubahan jadwal order. Selain itu, telah dihasilkan sebuah aplikasi evaluasi supplier berbasis Microsoft Excel .
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2012/196/0512001798 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Sep 2012 10:14 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141344 |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar_persetujuan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Pengantar,_Daftar_Isi,_dll.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |