Rekayasa Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Permasalahan Biaya Pendidikan Mahasiswa (Studi Kasus Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang),

Wulandari, ChandrawatiPutri (2012) Rekayasa Sistem Pendukung Keputusan Terhadap Permasalahan Biaya Pendidikan Mahasiswa (Studi Kasus Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan manusia akan pendidikan membuat masyarakat tidak sedikit yang memilih Akademi Kebidanan sebagai pendidikan tingginya yang dalam hal ini merupakan pendidikan kesehatan. Tingginya biaya pendidikan membuat Akademi Kebidanan Wira Husada Nusantara fleksibel dalam proses pembayaran biaya pendidikan. Tidak dapat dipungkiri bahwa fleksibilitas ini menimbulkan banyaknya mahasiswa yang menunggak biaya pendidikannya. Informasi pendukung keputusan yang dibutuhkan oleh manajemen dalam pengambilan keputusan diperoleh dengan mengolah data pembayaran mahasiswa sesuai dengan catatan yang ada pada laporan keuangan serta data akademik mahasiswa yang semuanya dapat diambil dari sistem informasi terdahulu. Proses-proses dalam perhitungan tunggakan biaya serta perhitungan nilai akademik dan IPK memerlukan tingkat ketelitian yang cukup tinggi dan waktu yang dibutuhkan untuk mengolah informasi tersebut dapat memakan waktu yang lama. Terlebih lagi adanya kemungkinan terjadi kesalahan yang disebabkan oleh faktor manusia ( human error ) dalam mengolah datanya. Hal ini dapat berakibat fatal bagi pengambilan keputusan oleh pihak manajemen. Untuk dapat mengambil keputusan yang cepat, tepat, dan cermat, diperlukan sistem pendukung keputusan (SPK) yang memudahkan dan mempercepat proses pengambilan keputusan. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk dapat menghasilkan suatu aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan informasi pendukung keputusan serta alternatif keputusan yang mungkin diambil oleh pembuat keputusan. Agar aplikasi sistem pendukung keputusan yang dibuat dalam penelitian ini sesuai dengan kebutuhan institusi, penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan sistem informasi yang dikenal dengan Systems Development Life Cycle (SDLC) yaitu: planning , analysis , design , implementation dan testing serta metode penentuan alternatif keputusan berupa tabel keputusan. Hasil dari perancangan sistem pendukung keputusan untuk Akbid WHN menunjukkan bahwa SPK yang dirancang telah mampu melakukan kalkulasi jumlah tunggakan mahasiswa, lama mahasiswa menunggak, serta menyajikan alternatif keputusan berdasarkan hasil penentuan kategori kritis untuk segi biaya maupun akademik dari perancangan decision table sebelumnya. SPK yang dirancang juga terbukti mampu membuat proses pengambilan keputusan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat karena sumber informasinya sudah terintegrasi sehingga prosesnya tidak lagi semi terotomatisasi. Proses yang terotomatisasi ini sangat berguna terutama untuk mencegah kesalahan perhitungan yang menjadi salah satu penentu keputusan dibuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/17/ 051200735
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Mar 2012 11:17
Last Modified: 08 Mar 2012 11:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141318
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item