Perencanaan Jaringan Wimax (Worldwide Interoperability For Microwave Access) Di Kota Surabaya Bagian Timur

ZakiA,Imam (2012) Perencanaan Jaringan Wimax (Worldwide Interoperability For Microwave Access) Di Kota Surabaya Bagian Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi berkembang dengan cepat. Salah satunya adalah teknologi telekomunikasi. Diawali dengan teknologi pengiriman data berupa sms hingga saat ini berkembang menjadi pengiriman data berupa multimedia. Agar mampu mengimbangi perkembangan tersebut, dibutuhkan suatu perencanaan jaringan yang lebih baik untuk mendapatkan coverage area yang luas serta mempunyai data rate yang tinggi Teknologi WiMAX ( Worldwide Interoperability for Microwave Access ) hadir memberikan solusi terhadap kebutuhan tersebut. Dalam perencanaan ini akan digunakan Kota Surabaya Bagian Timur sebagai obyek perencanaan. Data yang digunakan dalam perencanaan ini meliputi data kependudukan Kota Surabaya Bagian Timur, trafik internet dan tabel Erlang. Data tersebut akan digunakan untuk mengetahui perkiraan jumlah pelanggan WiMAX dan perencanaan jaringannya . Langkah awal yang dilakukan dalam perencanaan adalah menentukan perkiraan jumlah pelanggan yang akan menggunakan layanan WiMAX berdasarkan data kependudukan. Jumlah pelanggan tersebut digunakan untuk menentukan kebutuhan kapasitas kanal yang akan berfungsi untuk mengetahui radius sel yang dapat dilayani oleh sebuah base station (BS). Jenis antena dan kabel yang digunakan diperhitungkan berdasarkan kebutuhan kapasitas kanal dan kondisi geografi daerah perencanaan. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh jumlah pelanggan WiMAX adalah 6.169 pelanggan dengan kebutuhan kanal mencapai 74 kanal dan bandwidt kanal 3,75 MHz. Radius sel yang terbentuk dari perencanaan ini adalah 2.88 km dengan jumlah sel yang dibutuhkan sebanyak 7 (tujuh) buah. Untuk melayani kapasitas pelanggan yang cukup besar, maka kabel yang paling tepat digunakan adalah fiber optic multimode graded index , sedangkan antena yang tepat digunakan adalah antenna directional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/132/051201438
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2012 09:16
Last Modified: 20 Oct 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141279
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of depan_(abstrak,_kt.pengantar,_isi,_tabel,_gambar.pdf]
Preview
Text
depan_(abstrak,_kt.pengantar,_isi,_tabel,_gambar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Makalah_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Makalah_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item