Arahan Penataan Lahan Di Sekitar Kalimas Segmen Pintu Air Jagir - Jembatan Sulawesi Dalam Mendukung Pariwisata Air Kota Surabaya

Pongtuluran,LorantiM (2012) Arahan Penataan Lahan Di Sekitar Kalimas Segmen Pintu Air Jagir - Jembatan Sulawesi Dalam Mendukung Pariwisata Air Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Padatnya penduduk di daerah Kalimas segmen Pintu Air Jagir-Jembatan Sulawesi menyebabkan terjadinya pembangunan yang sporadis di sekitar Kalimas khususnya di sempadan sungai. Hal ini menyebabkan berbagai hal diantaranya adalah disfungsi atau penataan lahan yang tidak sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang ada serta adanya degradasi lingkungan yang mengakibatkan menurunnya daya jual dari Kalimas segmen Pintu Air Jagir-Jembatan Sulawesi, mengingat Kalimas merupakan kawasan bersejarah dan diarahkan sebagai daerah wisata air Kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah untuk mengidentifikasi karakteristik pemanfaatan lahan dan aktifitas atau kegiatan di sepanjang Kalimas Segmen Pintu Air Wonokromo-Jembatan Sulawesi terkait dengan pariwisata air Kalimas, yang kedua mengatahui potensi dan permasalahan yang mempengaruhi perkembangan wisata air wilayah studi dan yang ketiga adalah untuk menyusun arahan Penataan lahan di sepanjang Kalimas segmen Pintu Air Jagir-Jembatan Sulawesi untuk mendukung pariwisata air Kalimas Kota Surabaya. Analisis yang digunakan dalam menganalisis permasalahan serta potensi wilayah penelitian adalah analisis deskriptif, analisis evaluatif dan analisis development. Analisis Deskriptif digunakan untuk menganalisis karakteristik fisik wilayah, pola pemanfaatan lahan, sosial-budaya dan aktivitas sosial-ekonomi untuk mengidentifikasi karakteristik pemanfaatan lahan di sekitar Kalimas segmen Pintu Air Jagir-Jembatan Sulawesi. Analisis evaluatif terdiri dari analisis analisis tapak, analisis ketersedian ruang, analisis kebijakan dan analisis kebutuhan ruang, sedangkan analisis development menggunakan metode analisis SWOT yang dimana potensi dan permasalahan yang ada di ambil dari hasil analisis deskriptif dan evaluatif Hasil dari penelitian ini adalah penataan lahan di sepanjang Kalimas segmen Pintu Air Wonokromo-Jembatan Sulawesi dengan konsep “ Surabaya WaterFront city Tourism” yang terdiri dari empat zona yaitu zona wisata termasuk di dalamnya adalah ruang terbuka hijau, zona perdagangan dan jasa sebagai penunjang wisata, zona permukiman dan zona fasilitas umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/123/051201331
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Aug 2012 11:38
Last Modified: 20 Oct 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141268
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN,ORISINALITAS,_dll.fix.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN,ORISINALITAS,_dll.fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan,_Kata_pengantar,_daf.isi,daf.gambar,daf.tabel_Fix.pdf]
Preview
Text
Ringkasan,_Kata_pengantar,_daf.isi,daf.gambar,daf.tabel_Fix.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka_dan_lampiran_Fix.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka_dan_lampiran_Fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item