Pengendalian Kecepatan Model Kereta Api Inspeksi Pendeteksi Jarak Paralel Rel Kereta Api.

Rochadi, Poernowo (2011) Pengendalian Kecepatan Model Kereta Api Inspeksi Pendeteksi Jarak Paralel Rel Kereta Api. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecelakaan transportasi di Indonesia khususnya bidang perkeretaapian dewasa ini masih cukup tinggi. Ada dua faktor yang menyebabkan kecelakaan kereta api. Pertama adalah faktor teknis dan yang kedua adalah faktor non teknis. Faktor teknis salah satunya jarak antar rel kereta api sejajar yang tidak merata. Hal tersebut menyebabkan kereta api anjlok yang sering terjadi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, khususnya di bidang elektronika kontrol , maka permasalah jarak antar rel atau keparalelan rel yang tidak merata dapat dideteksi lebih dini untuk kemudian dilakukan perbaikan rel sesuai dengan aturan yang berlaku. Untuk memudahkan penelitian ini maka dalam skripsi ini dibuat sebuah model perancangan yang akan mewakili sistem rel kereta api dalam kondisi sebenarnya. Model kereta api inspeksi ini dibuat berbasis mikrokontroler ATmega 8535 dengan sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mendeteksi objek yaitu rel kereta api dan keluaran berupa bunyi penanda serta data berupa tampilan LCD ( Liquid Crystal Display ). Apabila rel kereta api tersebut dalam kondisi normal (sesuai dengan ketentuan) maka model kereta api tersebut tidak akan mengeluarkan data yaitu jarak pada berapa meter rel mengalami kelainan serta kecepatan kereta tetap konstan. Sedangkan bila rel mengalami ketidakparalelan maka model kereta api tersebut akan mengeluarkan bunyi nyaring dari buzzer dan output berupa data pada centimeter ke berapa rel kereta api mengalami kelainan pada LCD ( Liquid Crystal Display ) serta kecepatan kereta api yang kemungkinan berubah dan kemudian dikontrol agar kembali dalam kecepatan konstan. Model kereta api tersebut harus berjalan dalam kecepatan konstan dikarenakan waktu tempuh, lokasi, dan jarak juga harus sesuai dengan jadwal maintenance yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/93/ 051101592
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Apr 2011 11:48
Last Modified: 20 Apr 2011 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141232
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item