Kamus Bahasa Indonesia ke Bahasa Asing Bersuara bagi Tunanetra dengan Menggunakan Media Penyimpanan Secure Digital Card (SD Card)

NindyaPalupi,Lucky (2011) Kamus Bahasa Indonesia ke Bahasa Asing Bersuara bagi Tunanetra dengan Menggunakan Media Penyimpanan Secure Digital Card (SD Card). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterbatasan tuna netra dalam hal vision merupakan masalah dalam hal komunikasi sehingga mereka hanya mengandalkan indra peraba dan pendengar. Namun, keterbatasan ini bukanlah suatu hambatan untuk terus belajar dan menuntut ilmu. Dewasa ini kemampuan berbahasa adalah kunci utama dalam mengembangkan kemampuan terlebih adalah kemampuan berbahasa asing. Sebagai sarana bantu dalam meningkatkan kemampuan ini dapat dilakukan melalui media kamus braille bersuara. Alat ini dirancang menggunakan keyboard PC yang didesain menjadi papan ketik huruf braille sebagai masukan teks. Mikrokontroler yang digunakan sebagai pengendali sistem adalah ATmega32, Secure Digital Card (SD Card ) 1 GB digunakan sebagai penyimpan database kamus (teks dan suara), LM324 sebagai buffer dan LM386 sebagai penguat sinyal audio dan speaker 8 ohm. Sebagai verifikasi data teks digunakan LCD LMB162. Perangkat lunak dirancang untuk mengolah data masukan keyboard menjadi sebuah data teks, mencari arti kata dalam database memori dan mengeluarkan kata tersebut melalui suara. Alat ini dapat digunakan untuk menerjemahkan kata dasar dalam bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing (bahasa asing yang disediakan adalah bahasa Jerman, Perancis, Inggris dan Italia) dari teks ke suara. Kata yang diartikan dimasukkan melalui keyboard sedangkan hasilnya didengarkan melaui speaker . Jumlah kata yang disediakan 1600 kata, yaitu disediakan 400 kata untuk tiap-tiap bahasa asing. Alat ini, menggunakan sistem FAT32 ( File Alocation Table ), dengan look up table dalam pencarian kata yang tersedia dalam database kamus pada memori. FAT32 ini digunakan mulai dari membuka folder sesuai bahasa yang dipilih oleh user dan pencarian kata yang ingin diterjemahkan (sesuai yang diketikkan pada keyboard ) menggunakan metode absolute string matching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/79/ 051100930
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Dec 2011 11:14
Last Modified: 05 Dec 2011 11:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141217
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item