,Pemodelan Waktu Tempuh Pemadam Kebakaran di Kota Malang.

Wardhana, DwiyanMukti (2011) ,Pemodelan Waktu Tempuh Pemadam Kebakaran di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Waktu tempuh pemadam kebakaran merupkan salah satu faktor penting dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran. Kemacetan yg sering terjadi di Kota Malang dikhawatirkan menyebabkan waktu tempuh mobil pemadam kebakaran ke tempat tujuan atau lokasi kebakaran menjadi tidak optimal. Pada studi ini akan mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi waktu tempuh pemadam kebakaran dengan menggunakan analisis regresi sehingga dapat menjadi masukan untuk rencana penanggulangan bencana kebakaran. Untuk memperoleh hasil tersebut maka dibutuhkan data berupa waktu tempuh pemadam kebakaran (variabel terikat) dan Jarak tempuh, besarnya arus lalu lintas, jumlah kendaraan parkir, jumlah kendaraan keluar masuk, jumlah non motorized vehicle , jumlah pejalan kaki, jumlah bangkitan pergerakan, lebar jalan, dan jumlah persimpangan (variabel bebas). Lokasi kebakaran diasumsikan terjadi di centroid yang merupakan nilai rata-rata dari jarak terdekat dan terjauh pada kelurahan tersebut dengan pos pemadam kebakaran. Untuk rute menggunakan rute tercepat dari pos pemadam menuju centroid berdasarkan asumsi petugas pemadam kebakaran. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah analisis regresi untuk mendapatkan permodelan waktu tempuh pemadam kebakaran. Hasil penelitian ini yang pertama yaitu kondisi jalan di Kota Malang masih belum mampu mendukung dalam mendukung waktu tempuh mobil pemadam kebakaran. Hal ini dapat dilihat berdasarkan waktu tempuh rata-rata sebesar 6,46 menit. Hasil penelitian yang kedua adalah model waktu tempuh pemadam kebakaran di Kota Malang yaitu, Y= -0,503 + 0,966 X1 +0,006 X6. dimana merupakan jarak tempuh dan merupakan jumlah Non Motorized Vehicle (NMV). Berdasarkan hasil regresi tersebut faktor yang mempengaruhi waktu tempuh pemadam kebakaran di Kota Malang adalah jarak tempuh dan jumlah NMV pada rute pemadam kebakaran. Rekomendasi yang bisa diberikan adalah dengan penambahan pos pemadam kebakaran untuk lokasi yang diluar area pelayanan dan dengan membatasi operasional NMV pada jalan dengan hirarki arteri maupun kolektor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/633/ 051105436
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2012 10:34
Last Modified: 02 Dec 2022 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141135
[thumbnail of DWIYAN MUKTI WARDHANA.pdf] Text
DWIYAN MUKTI WARDHANA.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item