Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pembaca Quick Response Code menggunakan Java SE (J2SE),

RachmatullahAN (2011) Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pembaca Quick Response Code menggunakan Java SE (J2SE),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Barcode merupakan sebuah simbol penandaan objek nyata yang terbuat dari pola batangbatang berwarna hitam dan putih agar mudah untuk dikenali oleh komputer. Secara umum teknik penandaan barcode terbagi menjadi dua kelompok, yaitu barcode linear dan barcode 2D (dua dimensi). Standar barcode 2D memiliki banyak variasi, namun yang paling unggul dibanding lainnya adalah standar barcode 2D yang ditemukan di Jepang yaitu Quick Response Code (QR Code). Keberadaan komputer telah banyak membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Pada saat ini hampir semua orang memiliki perangkat tersebut. Perkembangan ini pun diiringi dengan teknologi pengolahan citra digital sebagai pendukung supaya komputer mampu melihat citra seperti manusia menggunakan kamera. Suatu citra dapat dihasilkan dari kamera untuk diolah menjadi kode digital dan dianalisa sehingga komputer dan kamera layaknya otak dan mata manusia. Hal ini memungkinkan para pengembang untuk membuat aplikasi yang handal. Berdasarkan karakteristik QR code dan teknologi yang digunakan oleh komputer, pada tugas akhir ini dibuat sebuah aplikasi yang dapat membaca data dari citra QR code hasil tangkapan webcam yang terintegrasi pada perangkat komputer berbasis J2SE. Proses pembacaan dimulai dengan penangkapan citra QR code menggunakan webcam yang terintegrasi pada komputer kemudian dilakukan proses binerisasi citra dan dilanjutkan dengan proses pembacaan simbol QR code dari citra biner tersebut. Dalam proses binerisasi citra digunakan algoritma Adaptive Thresholding dan Perspective Transform , hal ini dikarenakan algoritma tersebut sudah bisa mengatasi proses binerisasi untuk citra yang pencahayaannya tidak merata dan berbentuk Quadrilateral. Dari hasil pengujian dan analisa terhadap pembacaan QR code dengan berbagai ukuran, diperoleh hasil bahwa QR code dapat dibaca menggunakan perangkat komputer menggunakan webcam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/618/ 051105373
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Feb 2012 14:44
Last Modified: 02 Feb 2012 14:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141120
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item