Decision Support System (DSS) Penentuan Deposit Pulsa Elektrik Metode K-Means Clustering.

Adiwirawan, Nurizka (2011) Decision Support System (DSS) Penentuan Deposit Pulsa Elektrik Metode K-Means Clustering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis pulsa elektrik sistem kartu chip saat ini sudah merupakan bidang usaha yang sangat mudah untuk dijalankan oleh siapapun, dengan modal yang tidak terlalu besar tentunya bisnis ini menawarkan keuntungan yang cukup memuaskan bagi para pelaku di bidang ini. Hal ini tentunya mendorong adanya strategi yang cukup cerdas untuk untuk memaksimalkan keuntungan yang ingin diperoleh dengan modal yang ada. Selera pasar tentunya merupakan faktor terpenting dalam menjalankan usaha di bidang pulsa elektrik ini, sehingga analisis transaksi penjualan merupakan faktor terpenting dalam menentukan tingkat keuntungan dari suatu server pulsa elektrik. Suatu metode untuk menganalisis transaksi penjualan harusnya bisa menggali informasi yang sebelumnya tidak bisa kita dapatkan hanya dengan cara yang konvensional. Metode ini kita kenal sebagai Data mining . Dengan bantuan perangkat lunak, Data mining akan melakukan fungsi analisis data untuk menemukan informasi pola pasar tertentu yang bisa digunakan oleh pihak manajemen untuk mengoptimalkan modal yang ada untuk keuntungan yang optimum. Dalam tugas akhir ini, analisis data mining dilakukan dengan metode clustering menggunakan algoritma K-Means yang diintegrasikan ke dalam sistem perangkat lunak berbasis web. Perangkat lunak ini mampu melakukan pengelompokan data berdasarkan paramater yang telah ditentukan menggunakan data transaksi yang dimasukkan secara periodik sesuai dengan kebutuhan pihak manajemen server pulsa elektrik. Analisis data dengan keputusan yang sistematis akan diberikan oleh perangkat lunak ini untuk membantu pihak manajemen pulsa elektrik mengambil suatu keputusan dalam melakukan jumlah deposit untuk periode berikutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/58/ 051100785
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Apr 2011 10:46
Last Modified: 27 Apr 2011 10:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141080
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item