Implementasi Sistem Manajemen Kesalahan Jaringan pada Multiserver dengan Memanfaatkan SMS,

Wahyudi, Ridhwan (2011) Implementasi Sistem Manajemen Kesalahan Jaringan pada Multiserver dengan Memanfaatkan SMS,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem ini merupakan sebuah sistem yang mampu memanajemen service dan availability pada multiserver secara periodik lewat SMS. Dalam sistem ini digunakan modul nagios dimana nagios itu sendiri akan melakukan scanning terhadap suatu jaringan yang telah ditentukan dalam waktu tertentu. Hasil scanning akan diproses sedemikian rupa, sehingga jika ada layanan yang mati atau server yang mati maka akan menghasilkan laporan yang sesuai kondisi yang terjadi. Dengan merancang perangkat lunak yang dibuat dengan bash shell script maka report yang dihasilkan tadi dapat diteruskan ke gammu yang bertindak sebagai SMS gateway lalu kemudian SMS yang berisi laporan akan dikirimkan pada nomor telepon genggam yang sudah ditentukan sebagai administrator. Di sisi lain administrator dapat melakukan troubleshooting dengan mengirimkan SMS ke server SMS gateway berupa perintah restart, reboot dan sebagainya. Untuk melakukannya dilakukan perancangan perangkat lunak yang dapat menerjemahkan perintah tersebut menjadi perintah yang dapat dieksekusi oleh nagios server yang akan meremote server yang bermasalah untuk melakukan restart service atau reboot. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dalam Tugas Akhir ini dapat memenuhi seluruh spesifikasi kebutuhan fungsional yaitu notifikasi error, reboot sistem, shutdown sistem, restart service, start dan stop service melalui SMS sehingga dapat membantu proses penyelesaian masalah karena kesalahan konfigurasi dan kesalahan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/51/ 051100778
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Apr 2011 11:23
Last Modified: 27 Apr 2011 11:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141013
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item