Manajemen Bandwidth Aplikasi Video Streaming Menggunakan Metode Load Balancing Pada Sistem Gateway Redundancy

Permana, YogaEkaAri (2011) Manajemen Bandwidth Aplikasi Video Streaming Menggunakan Metode Load Balancing Pada Sistem Gateway Redundancy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan masyarakat dalam menggunakan akses Internet juga semakin meningkat, diantaranya yaitu implementasi video streaming yang dilakukan oleh pengguna jaringan internet. Teknologi streaming cenderung bersifat bandwidth-dependant , sehingga sangat bergantung pada kondisi jaringan. Agar data stream dapat ditransmisikan dengan baik maka perlu adanya konsep menyeimbangkan beban atau muatan pada suatu jaringan internet agar seluruh pengguna dapat memanfaatkan secara optimal. Kegagalan gateway dapat diatasi dengan adanya sistem gateway redundancy yaitu teknik gateway failover . Pada sistem gateway failover , saat gateway master mengalami kegagalan fungsi maka ia akan digantikan oleh gateway cadangan. Dari Analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa dalam implementasi langsung pada jaringan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, delay end-to-end pada sistem adalah sebesar 103,736 ms, Bandwidth yang dibutuhkan untuk aplikasi video streaming adalah 491,676 Kbps untuk satu stream dengan Throughput rata rata adalah 81,19 packet /s untuk satu stream , dan prosentase Packet Loss adalah 0%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/500/ 051104391
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Feb 2012 11:16
Last Modified: 09 Feb 2012 11:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141003
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item