Aplikasi Pemrograman C++ Pada Analisis Sistem Daya dengan Tap Changer dan Phase Shifting Transformator Menggunakan Metode Fast Decoupled.

Lubis, Qidam (2011) Aplikasi Pemrograman C++ Pada Analisis Sistem Daya dengan Tap Changer dan Phase Shifting Transformator Menggunakan Metode Fast Decoupled. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pusat-pusat pembangkit tenaga listrik berada jauh dari pusat beban, hal ini mengakibatkan kerugian yang cukup besar dalam penyaluran daya listrik. Kerugian tersebut disebabkan oleh saluran yang cukup panjang. Sehingga, dalam penyaluran daya listrik melalui transmisi maupun distribusi, akan mengalami tegangan jatuh ( drop voltage ) sepanjang saluran yang dilalui. Ada beberapa cara untuk memperbaiki jatuh tegangan dan salah satunya adalah menggunakan metode on load tap changer dan phase shifting yang terdapat pada transformator daya. Tetapi untuk mendapatkan informasi aliran daya dibutuhkan perhitungan aliran daya. Perhitungan aliran daya ini sangatlah rumit, untuk itu perlu adanya solusi komputasi untuk melakukan perhitungan yang rumit tersebut. Hasil analisis aliran daya ini menunjukan program yang dibangun dapat menghitung masalah aliran daya dengan baik. Analisis ini juga menghasilkan bahwa on load tap changer dan phase shifting transformator dapat memperbaiki magnitude tegangan dan mengurangi rugi-rugi daya aktif maupun reaktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/440/ 051104270
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Oct 2011 10:53
Last Modified: 20 Oct 2011 10:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140945
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item