Alat Transfer Suara Audio Pesawat Televisi Dengan Modulasi Frekuensi.

Aziz, UmarIbnuAbdul (2011) Alat Transfer Suara Audio Pesawat Televisi Dengan Modulasi Frekuensi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meskipun saat ini jumlah orang yang menonton televisi semakin banyak, tetapi terdapat beberapa orang yang tinggal di rumah mengalami kesulitan untuk mendengarkan suara audio televisi. Dengan menggunakan media headphone yang tersambung dengan output audio televisi, seseorang dapat menonton televisi tanpa menganggu orang lain. Namun pada umumnya sambungan antara port output audio televisi dengan headphone memerlukan kabel panjang yang dikhawatirkan dapat membuat seseorang terjebak dalam lilitan kabel yang tidak beraturan. Solusi yang lebih baik adalah penggunaan modulasi frekuensi untuk mentransfer suara audio televisi sebagai pengganti kabel antara port output audio televisi dengan headphone. Dengan pembuatan alat transfer suara audio televisi dengan modulasi frekuensi, penonton televisi diharapkan dapat lebih mudah untuk mendengarkan suara audio televisi meskipun ruangan dalam kondisi gaduh. Alat ini terdiri dari unit pemancar dan unit penerima. Unit pemancar bertugas memancarkan sinyal FM menuju unit penerima. Sedangkan unit penerima diperlukan untuk menerima sinyal FM dari unit pemancar dan melakukan demodulasi untuk memisahkan antara sinyal pembawa dan sinyal informasi. Hasil dari pengujian alat diperoleh bahwa alat dapat digunakan untuk mentransfer sinyal suara audio pesawat televisi dari unit pemancar menuju unit penerima. Pada saat pengujian alat secara keseluruhan, daya yang dipancarkan dari penguat daya tingkat akhir tidak dapat melebihi 1,2 Watt. Hal ini disebabkan karena komponen trimmer kapasitor yang dipilih tidak mampu menahan panas yang dihasilkan dari rangkaian penguat daya tingkat akhir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/427/ 051104050
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Dec 2011 09:30
Last Modified: 09 Dec 2011 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140932
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item