Sistem Pemeriksaan Jawaban Essay Menggunakan Metode Parsing pada Ujian Online

Arifianto, Andrie (2011) Sistem Pemeriksaan Jawaban Essay Menggunakan Metode Parsing pada Ujian Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi khususnya teknologi internet telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Bidang pendidikan memanfaatkan teknologi Internet sebagai sarana penyampaian informasi dan membantu pelaksanaan proses belajar mengajar. Salah satu bentuk pemanfaatan internet pada bidang pendidikan adalah ujian secara online. Untuk menguji kemampuan siswa dalam menyerap suatu materi pelajaran salah satunnya dengan menggunakan ujian dan tugas. Penyelenggaraan tes ini sebagian besar masih menggunakan media kertas untuk menyajikan soal maupun jawabannya. Untuk menghitung dan mengevaluasi hasil dan tugas ini membutuhkan ketelitian lebih. Untuk mengatasi kesulitan tersebut maka dikembangkan suatu sistem yang mampu memeriksa jawaban secara otomatis dengan menggunakan metode parsing. Dalam proses pemeriksaan jawaban, metode parsing digunakan untuk memeriksa kebenaran suatu jawaban. Pada skripsi ini model pemeriksaan jawaban dibagi menjadi 4 tipe yaitu, pemeriksaan jawaban benar, pemeriksaan jawaban mendekati benar, pemeriksaan jawaban setengah benar, dan pemeriksaan jawaban salah. Pada saat pengujian jika siswa menjawab dengan angka benar dan satuan benar maka jawaban dianggap benar. Jika siswa menjawab dengan angka mendekati hasil sebenarnya dan satuan disingkat maka jawaban dianggap benar. Jika siswa menjawab dengan angka benar dan satuan benar tetapi penulisan satuan salah maka jawaban dianggap setengah benar. Jika siswa menjawab dengan angka benar tanpa satuan, maka jawaban dianggap mendekati benar. Jika siswa menjawab dengan angka salah dan satuan salah, maka jawaban dianggap salah. Jika siswa tidak menjawab soal, maka sistem menganggap jawaban salah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/42/ 051100769
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Apr 2011 15:16
Last Modified: 20 Apr 2011 15:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140924
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item