Pengambilan Citra Plat Nomor Mobil dengan Metode Edge Detection.

Purnomo, DanielSetyo (2011) Pengambilan Citra Plat Nomor Mobil dengan Metode Edge Detection. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan komputer telah banyak membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan. Pada saat ini hampir semua orang memiliki perangkat tersebut. Perkembangan ini pun diiringi dengan teknologi pengolahan citra digital sebagai pendukung supaya komputer mampu melihat citra seperti manusia menggunakan kamera. Suatu citra dapat dihasilkan dari kamera untuk diolah menjadi kode digital dan dianalisa sehingga komputer dan kamera layaknya otak dan mata manusia. Pada plat nomor kendaraan, pasti memiliki ciri dan seri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Ciri dan seri yang berbeda ini biasa dimanfaatkan oleh sistem jasa layanan parkir ataupun tol. Para petugas jasa layanan saat ini masih menggunakan tenaga manusia untuk pembacaan plat nomor tersebut. Faktor kesalahan manusia yang bisa terbilang cukup tinggi dapat mengakibatkan kekacauan pada layanan. Dengan adanya teknologi pengolahan citra digital, diharapkan dapat mengurangi kesalahan yang ada dan lebih memudahkan dalam layanannya. Dari hasil proses ini, nantinya diharapkan bisa menentukan letak plat nomor kendaraan dan menyimpannya ke dalam file digital. Skripsi ini membahas tentang bagaimana cara mengambil citra plat nomor dari keseluruhan citra mobil dengan menggunakan webcam. Inisialisasi device kamera menggunakan Direct Show, yaitu komponen yang berperan untuk mengakses inti driver Windows Device Modul (WDM) kamera web. Selanjutnya, kamera web ini akan digunakan sebagai pendeteksi obyek berupa plat nomor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/386/ 051103774
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2012 15:36
Last Modified: 16 Feb 2012 15:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140899
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item