Sistem Pencatat Data Hasil Produksi Gula PT. PG. Krebet Baru I Malang,

Ramadhani, FarasofiNuriesa (2011) Sistem Pencatat Data Hasil Produksi Gula PT. PG. Krebet Baru I Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tebu adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan banyak dibudidayakan di Pulau Jawa dan Sumatra. Dalam proses pemisahan dan pengemasan kristal gula di suatu pabrik gula, kristal gula ditampung dalam sugar bin untuk selanjutnya dilakukan penimbangan dan pengemasan. Kristal gula yang sudah dikemas dilewatkan pada konveyor. Pencatatan kristal gula per kemasan diakumulasi setiap satu jam sekali dan dilaporkan datanya ke bagian pabrikasi. Pencatatan data yang masih manual, luasnya area pabrik gula, dan jauhnya jarak antara ruangan produksi dengan ruangan pabrikasi menjadi kendala bagi karyawan dalam hal pencatatan data gula kemasan. Ketelitian penghitungan gula kemasan sangat diperlukan untuk mengurangi kesalahan penghitungan dan kerugian produksi sehingga data dapat disimpan sebagai acuan proses produksi selanjutnya. Maka dibutuhkan suatu sistem yang efektif dalam hal pencatatan data hasil produksi gula. Dalam skripsi ini dirancang Sistem Pencatat Data Hasil Produksi Gula menggunakan retroreflective sensors . Sistem ini mempunyai dua bagian utama yaitu unit pengolah sinyal keluaran sensor dan unit penyimpan data. Unit pengolah sinyal keluaran sensor terdiri atas sensor infra merah sebagai pendeteksi kemasan gula pada konveyor, mikrokontroler sebagai pengendali penghitungan, LCD 2x16 sebagai penampil hitungan dan komputer sebagai unit penyimpan data. Antara unit pengolah sinyal keluaran sensor dengan unit penyimpan data dihubungkan oleh komunikasi serial RS-485. Komputer digunakan untuk menampilkan dan menyimpan data hitungan ke dalam database . Sistem ini mampu menghitung gula kemasan 50 kg yang melewati sensor infra merah dan dapat mencatat data produksi harian berdasarkan tanggal dan waktu. Hitungan maksimal yang dapat ditampung setiap hari mencapai 9999 satuan. Hasil penghitungan dapat ditampung di dalam database .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2011/373/ 051103761
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2012 14:39
Last Modified: 16 Feb 2012 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/140889
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item